menyusui

Resep Antipanik Menyusui Saat Bayi Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 12 Dec 2019 09:02 WIB
Resep Antipanik Menyusui Saat Bayi Sakit
Jakarta - Saat sakit, biasanya bayi jadi lebih rewel ya, Bun, termasuk ketika menyusu. Tak jarang, Bunda pun ikutan stres dan serba salah karena si kecil sering menangis . Hmm, bagaimana ya menghadapi situasi seperti ini?

Melansir Medela, meski sedang sakit dan rewel bayi harus tetap disusui selama sakit. Menyusui menjadi cara alami membantu bayi yang sedang sakit cepat pulih. Selain itu, menyusui juga dapat membantu menghibur si kecil, Bun.


Perlu Bunda tahu, ASI mengandung antibodi, sel darah putih, sel punca, dan enzim pelindung yang melawan infeksi dimana dapat membantu penyembuhan. ASI juga diketahui memiliki keseimbangan nutrisi dimana mendukung penyembuhannya lebih baik secepat mungkin.


"Menyusui menyediakan segala yang dibutuhkan bayi terutama ketika mereka sedang kurang fit. ASI adalah obatnya dimana menjadi makanan, cairan, dan kenyamanannya. Ini hal terbaik untuknya," kata Sarah Beeson, perawat kesehatan di Inggris.

Selain multi manfaat, hebatnya lagi, komposisi ASI juga berubah ketika bayi Bunda sakit lho. Sebab, ketika Bunda terpapar infeksi bakter atau virus, tubuh akan membuat antibodi untuk melawannya. Ini pun kemudian ditransfer ke bayi melalui ASI. Tingkat sel-sel penambah kekebalan yang disebut leukosit dalam ASI juga naik dengan cepat setiap kali bayi Bunda tidak sehat.

Resep Antipanik Menyusui Saat Bayi SakitTips menyusui bayi sakit/Foto: iStock

Ya, ASI memang memberikan perlindungan menyeluruh yang sangat baik dari penyakit, Bun. Meskipun menjadi tantangan tersendiri menyusuinya saat mereka sedang tidak enak badan, ada baiknya Bunda pantang menyerah melakukannya. Karena, ASI merupakan obat terbaik untuk si kecil, seperti dikutip dari laman Very Well Family.


Selama si kecil terpantau aman, Bunda pun tidak perlu panik dan khawatir merawatnya. Namun, ketika si kecil terlihat demam, tidakĀ menyusu dengan baik, muntah, dan gejala yang mengkhawatirkan lainnya, ada baiknya Bunda segera menghubungi dokter ya untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Semoga membantu, Bun!

Simak juga cara menyendawakan bayi yang benar usai menyusui dalam tayangan di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi