sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Menyusui dengan Nyaman di Pesawat

Asri Ediyati Selasa, 17 Dec 2019 08:20 WIB
Simak tujuh tips aman dan nyaman menyusui si kecil di pesawat. caption
Jakarta - Menyusui di pesawat tidak selalu nyaman. Selain ruangnya sempit, belum lagi kalau ada penumpang yang merasa terganggu. Menyusui di pesawat tak seperti kebanyakan situasi lain seperti bisa memilih tempat nyaman.

Mengingat kondisi-kondisi ini, penting untuk memikirkan apa yang dapat Bunda lakukan untuk memastikan bahwa menyusui di pesawat nyaman untuk Bunda dan anak. Berikut tips menyusui dengan nyaman di pesawat, dikutip dari berbagai sumber.


1. Prioritaskan istirahat dan hidrasi


Udara pesawat yang kering dan bersirkulasi ulang bisa menyebabkan Bunda kurang cairan, jadi pastikan Bunda terhidrasi dengan baik. Bukan cuma hari H, namun termasuk hari-hari menjelang penerbangan. Ya, dikutip dari WebMD, kekurangan cairan bisa pengaruhi pasokan ASI.

Nah, jika ini adalah penerbangan yang panjang, ingatlah bahwa Bunda mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan kembali dengan zona waktu yang baru. Jadi pertimbangkan untuk tidur siang ketika bayi melakukannya untuk membantu tubuh Bunda menyesuaikan diri.

2. Pelajari di mana outlet listrik berada di pesawat

Sebagian besar penerbangan menawarkan outlet listrik di dekat tempat duduk, tetapi lebih baik pastikan lagi pada pihak maskapai. Jika Bunda tidak berada di dekat outlet, rencanakan membawa pompa manual.

Jika Bunda membawa pompa listrik dan bepergian ke luar negeri, pastikan untuk memiliki kit konverter listrik yang sesuai. Selain itu, bungkus tas penyimpanan mini terisolasi untuk menjaga susu tetap dingin sampai Bunda tiba di tujuan akhir.

3. Bawa apron

Jika Bunda merasa lebih nyaman ditutupi apron, persiapkan terlebih dahulu. Alternatif lain untuk penutup adalah syal, yang dapat membuat Bunda tetap hangat di pesawat yang dingin dan berfungsi sebagai penutup ketika saatnya untuk menyusui.

4. Beri tahu sesama penumpang saat ingin menyusui

Penumpang lain seharusnya akan menghargai Bunda yang menyusui si kecil. Namun, alangkah baiknya Bunda tetap meminta izin dan memberi tahu penumpang lain dengan sopan.
Ibu menyusui di pesawatIbu menyusui di pesawat/ Foto: iStock
5. Tetap tenang jika penumpang lain merasa terganggu

Jika terjadi konfrontasi, beri tahu pramugari segera. Pramugari akan dapat membantu menengahi situasi dan mengingatkan penumpang akan hak-hak Bunda. Mereka bahkan mungkin memilih untuk memindahkan penumpang tersebut dari daerah Bunda sehingga dapat terus menyusui bayi dengan nyaman.


6. Pilih tempat duduk di lorong

Bunda akan merasa lebih mudah untuk bangun dan berjalan bersama bayi ketika duduk di kursi lorong. Bunda tidak akan terjebak di antara dua orang asing ketika mencoba menyusui. Kursi lorong juga memberi akses mudah ke kamar kecil jika Bunda perlu mengganti popok bayi atau membersihkannya.

7. Gunakan bantal leher perjalanan sebagai bantal menyusui

Bantal menyusui yang umum terlalu besar untuk kursi pesawat kecil. Akan tetapi jika Bunda menempatkan bantal leher travel di antara lengan dan sandaran tangan, itu mungkin membuat segalanya sedikit lebih nyaman. Ini juga bisa berfungsi sebagai tempat istirahat untuk si kecil ketika mereka tidak menyusu. Demikian dilansir Motherly.

Simak juga cara membersihkan lidah putih pada bayi melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi