menyusui

5 Cara Alami Ibu Menyusui Atasi Sakit Kepala

Yuni Ayu Amida Sabtu, 08 Feb 2020 16:49 WIB
5 Cara Alami Ibu Menyusui Atasi Sakit Kepala caption
Jakarta - Sakit kepala pastinya merupakan kondisi tidak nyaman ya, Bunda. Apalagi jika dirasakan ibu menyusui. Boleh dicoba beberapa cara alami ibu menyusui mengatasi sakit kepala.

Dijelaskan seorang ginekolog, Anita Sadaty, MD, ada berbagai jenis sakit kepala yang dipicu oleh sejumlah faktor. Sakit kepala bahkan dapat berkembang selama kehamilan dan saat menyusui. Wanita menyusui mungkin mengalami sakit kepala karena berbagai alasan.


"Secara umum, sakit kepala hanyalah bagian dari kehidupan. Pada titik tertentu, kita semua menderita karenanya. Meskipun mungkin tidak nyaman, jika Anda mengalami sakit kepala sesekali, biasanya itu bukan masalah," jelas Sadaty, dilansir Very Well Family.


Lebih lanjut, Sadaty menuturkan, jika Bunda mengalami sakit kepala lebih sering daripada sebelum bayi lahir, atau jika Bunda mengalami sakit kepala dengan intensitas yang lebih besar daripada yang dialami sebelumnya, segera hubungi dokter.

Sementara itu, ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat apalagi dengan kadar berat. Itu sebabnya, saat ibu menyusui mengalami sakit kepala, bisa coba atasi dengan cara alami, seperti dikutip dari Mom Junction.

1. Pijat

Pijat dapat membantu mengurangi intensitas nyeri, termasuk sakit kepala. Bunda dapat menyewa jasa tukang pijat profesional atau hanya meminta pasangan untuk pijat kepala lembut untuk menghilangkan rasa sakit. Itu bisa membuat Bunda merasa santai saat menyusui bayi.

2. Minum banyak air

5 Cara Alami Ibu Menyusui Atasi Sakit KepalaFoto:5 Cara Alami Ibu Menyusui Atasi Sakit Kepala/  Istock


Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah cara terbaik untuk mencegah sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Minum segelas air ekstra tidak akan membahayakan dan malah membuat kita merasa segar.

3. Mandi air hangat

Berendam dalam bak air hangat membantu melepaskan ketegangan dari otot-otot tubuh yang tegang. Ini juga membuat tubuh rileks, sehingga membuat kita merasa diremajakan.

4. Makan makanan yang kaya riboflavin

Bukti menunjukkan, makan makanan yang kaya riboflavin, juga disebut vitamin B2, dapat mengurangi intensitas sakit kepala terutama yang disebabkan oleh migrain. Sementara itu, makanan yang secara alami kaya akan riboflavin di antaranya seperti bayam, selada, apel, dan susu.

5. Tidur nyenyak

Tidak ada yang lebih menenangkan saraf daripada tidur nyenyak. Tidurlah ketika bayi tidur. Bahkan tidur siang singkat sepuluh menit dapat membantu kita merasa segar.


Simak juga drama ASI Erisca Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi