sign up SIGN UP search


menyusui

Memilih Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui, Perhatikan Indikasinya ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 31 Aug 2021 10:56 WIB
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Jakarta - Ibu menyusui sering sekali bermasalah dengan sakit kepala. Hal itu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti dehidrasi, stres, hingga kelelahan.

Ya, perubahan hormonal setelah melahirkan memang sulit dihindari dan kerap mendatangkan masalah ringan seperti sakit kepala. Tentu saja kondisi itu tidak bisa diremehkan ya, Bunda. Apalagi, saat sakit kepala menyerang, Bunda juga harus tetap menyusui Si Kecil.

Kondisi ini memang kerap mendatangkan dilema ya, Bunda. Di satu sisi, Bunda membutuhkan obat untuk mengatasi sakit kepala yang makin membuat tidak nyaman. Tetapi di satu sisi, Bunda juga bingung harus mengonsumsi obat sakit kepala ibu menyusui apa yang aman dan tidak mendatangkan efek samping bagi bayi.


Memang, ketika Bunda menyusui, banyak yang merekomendasikan agar tidak sembarangan mengonsumsi obat. Sebab, dikhawatirkan obat yang Bunda minum dapat memberikan efek samping untuk Si Kecil melalui ASI.

Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Itulah mengapa biasanya ibu menyusui biasanya disarankan mengonsumsi obat dalam pengawasan dokter sehingga kondisi menyusui tetap aman dan tidak menimbulkan indikasi lain terhadap kesehatan bayi.

Lalu, bagaimana bila ibu menyusui benar-benar membutuhkan obat untuk meringankan nyeri kepala tak tertahankan? Adakah obat yang aman untuk dikonsumsi Bunda?

Ibu menyusui mungkin dapat menggunakan obat-obatan seperti yang diresepkan oleh dokter guna menyembuhkan sakit kepala jika rasa sakitnya terlalu parah. Untuk mengobati sakit kepala ibu menyusui yang disebabkan depresi pascamelahirkan, dokter juga mungkin menyarankan konseling dan antidepresan.

Jika Bunda terserang migrain, memang tidak disarankan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Karena obat penghilang rasa sakit atau migrain biasa selama menyusui dapat berbahaya bagi bayi. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 perbedaan antara sakit kepala biasa dan migrain di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



PILIH-PILIH OBAT SAKIT KEPALA IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!