Sign Up search


menyusui

Alasan Peran Penting Suami dalam Meningkatkan Produksi ASI

Yuni Ayu Amida Jumat, 07 Feb 2020 18:34 WIB
Alasan Peran Penting Suami dalam Meningkatkan Produksi ASI caption
Jakarta - Dalam proses menyusui, ibu adalah satu-satunya yang berperan dalam memberikan air susu ibu (ASI) pada si kecil. Namun, ayah juga berperan penting lho dalam kesuksesan menyusui.

"Sadar tidak sadar, ayah itu punya pengaruh besar dalam proses menyusui. Ayah bukan lagi menjadi pemeran pembantu, akan tetapi menjadi pemeran utama," kata dr.Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM, dikutip dari detikcom.


Menurut Utami, keterlibatan ayah dalam proses menyusui adalah penting, karena menyangkut dua hidup manusia sekaligus, ibu dan bayi. Dalam menjalankan tugas menyusui, Bunda tidak bisa berjuang sendiri, Ayah harus membantu dalam memenuhi kebutuhan Bunda selama menyusui.


Tak hanya itu, Ayah juga punya ikatan erat pada kondisi batin Bunda. Dengan membuat Bunda merasa nyaman dan terlindungi saat merawat bayi, produksi ASI pun akan meningkat.

Alasan Peran Penting Suami dalam Meningkatkan Produksi ASIFoto: youtube urdesign


Ungkapan senada disampaikan dr.Nigel Sherriff dari University of Brighton bahwa sebaiknya Ayah mendukung pasangannya saat menyusui. Ini karena kurangnya keterlibatan Ayah dalam proses menyusui bisa memengaruhi produksi ASI.

"Semakin banyak bukti yang menunjukkan, intervensi minimal dengan ayah dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat menyusui pada enam minggu dan setelahnya," kata Sherriff, dilansir Healthline.

Dalam membantu istri saat proses menyusui, bisa dimulai dari hal-hal praktis bahkan saat kehamilan. Hal-hal tersebut seperti menghadiri kelas parenting bersama, sehingga nantinya ayah dapat membantu memposisikan ketika ibu menyusui.

Ayah juga bisa membantu melakukan pekerjaan rumah tangga, dan juga membantu pasangan menemukan tempat untuk menyusui ketika mereka berada di tempat umum.

"Menyusui bisa menjadi proses yang sangat menyedihkan dan kesepian, namun bisa menyenangkan hanya dengan memiliki seseorang untuk diajak bicara," jelas Sherriff.


Simak juga cara atasi bayi tongue tie dan lip tie dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi