sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Mencegah Payudara Kendur Setelah Menyusui

Yuni Ayu Amida Minggu, 05 Apr 2020 09:31 WIB
Payudara Bunda terasa kendur setelah masa menyusui alias menyapih? Simak 5 tips berikut untuk mencegah payudara kendur setelah masa menyusui. caption
Jakarta - Perubahan ukuran payudara akan Bunda alami selama masa kehamilan, hingga menyusui. Biasanya, payudara akan mengendur setelah masa menyusui selesai alias menyapih. Apakah bisa dicegah?

Payudara berukuran besar maupun kecil akan meregang dan tumbuh selama kehamilan, Bunda. Ini karena adanya hormon untuk pembentukan saluran ASI. Dan ini merupakan hal yang normal.


"Banyak wanita melihat ukuran cup payudara mereka meningkat beberapa ukuran selama kehamilan. Perubahan ini menjadi lebih jelas saat menyusui karena payudara secara aktif memproduksi susu," kata Heather Bartos, MD, konsultan laktasi yang berbasis di Cross Roads, Texas, dikutip dari The Bump.


Bartos melanjutkan, yang jadi masalah biasanya saat kulit, jaringan, dan tendon telah berubah bentuk, mereka akan mempertahankan bentuk tersebut, yang biasanya menyebabkan payudara tidak kembali lagi seperti semula.

Tentu saja, memiliki payudara yang kendur setelah menyapih bukan sepenuhnya kesalahan kehamilan atau menyusui. Faktanya, penuaan, BMI tinggi, ukuran bra, dan riwayat merokok semuanya sangat memengaruhi.

5 Tips Mencegah Payudara Kendur Setelah Menyusui5 Tips Mencegah Payudara Kendur Setelah Menyusui/ Foto: iStock

Jika Bunda mencoba mencari cara untuk mendapatkan kembali bentuk payudara ideal setelah menyusui, Stephanie Nguyen, RN, konsultan laktasi bersertifikat dan pendiri Modern Milk, klinik menyusui dan pusat pendidikan prenatal-postnatal di Scottsdale, Arizona, menyarankan untuk melakukan olahraga agar memperkuat otot dada.

"Latihan yang memperkuat otot dada kadang-kadang dapat membantu payudara terlihat lebih terangkat," kata Nguyen.

Berikut ini 5 tips mencegah payudara kendur setelah menyusui, dilansir Very Well Family.

1. Kenakan bra yang tepat untuk menyusui, pada siang dan malam hari selama hamil dan menyusui. Bra menyusui memberikan dukungan untuk ligamen di payudara saat mereka tumbuh dan padat karena ASI.

2. Selama hamil tetaplah pada pedoman penambahan berat badan ideal. Karena, semakin banyak berat badan yang didapatkan selama kehamilan dan saat menyusui, payudara akan semakin besar dan lebih panjang. Lalu, nanti saat kita ingin menurunkan berat badan, kulit yang terentang lebih cenderung mengendur.

3. Gunakan pelembap yang aman di payudara. Kulit yang sehat dan lembap bisa pulih lebih baik daripada kulit kering. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk ibu menyusui, atau minta rekomendasi dokter.

4. Cobalah untuk menurunkan berat kehamilan secara perlahan. Ketika kita menurunkan berat badan dengan cepat, ini tidak memberikan kulit kesempatan untuk menyusut seiring dengan penurunan berat badan.

Kulit bisa menggantung dan terlihat kendur. Lebih sehat menurunkan berat badan secara perlahan. Ditambah lagi, penurunan berat badan yang lebih lambat memberi kulit waktu untuk mengencang karena ukuran tubuh menyusut.

5. Jangan merokok. Jika merokok, cobalah untuk berhenti. Merokok tidak hanya berkontribusi pada kulit kendur, tetapi juga berbahaya bagi ibu dan bayi.


Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui, dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi