sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Menyusui Membuat Payudara Kendur?

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 06 Jun 2020 10:08 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption
Jakarta -

Payudara mengendur biasanya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian Bunda. Terutama ketika menyusui terus menerus. Benar enggak sih persepsi tersebut?

Melansir dari Live Science, kehamilan memang dapat memengaruhi bentuk payudara. Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena seperti dikatakan para peneliti, menyusui ternyata tidak membuat payudara mengendur.

Ligamen dan kulit yang menopang payudara memang bisa meradang ketika payudara penuh dan lebih berat saat hamil. Meski demikian, saat payudaranya menyusut usai melahirkan, kulit dan ligamen yang memanjang mungkin tidak akan kembali ke bentuk semula. Begitu pun dengan payudaranya, terlepas dari keputusan untuk menyusui atau tidak.


Dalam sebuah penelitian terhadap 132 wanita, menyusui tidak memiliki efek signifikan pada ptosis payudara, istilah medis untuk payudara yang kendur. Tetapi menurut ahli bedak plastik dan peneliti dari University of Kentucky, Brian Rinker, faktor usia, kebiasaan merokok, dan jumlah kehamilan berkontribusi pada bentuk payudara wanita.

"Semakin tua seorang wanita dan semakin banyak kehamilan yang dimilikinya, semakin payudaranya cenderung menyusut," kata Rinker.

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, SerbiaMenyusui bikin payudara kendur? / Foto: iStockphoto

Perlu Bunda tahu juga, tidak ada usia tertentu kapan payudara Bunda mulai mengendur. Seorang dengan usia 20-an pun dapat mengalaminya. Sebab, banyak hal yang dapat berkontribusi pada kekenduran payudara dan banyak Bunda mengalaminya pada waktu yang berbeda, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Untuk itu, Bunda sebaiknya melakukan pencegahan agar payudara tidak mengendur lebih cepat. Salah satunya, berlatih dengan postur yang baik. Ya, ketika Bunda membungkuk dan memiliki postur yang buruk, maka akan memberikan gravitasi lebih banyak untuk menarik payudara.

Berdiri atau duduk dalam posisi yang baik, dengan punggung lurus dan bahu belakang lurus dapat membantu menopang payudara dan bahkan memberikan pengangkatan alami.

Kemudian, Bunda juga perlu menjaga asupan dengan makanan yang seimbang serta mempertahankan berat badan yang sehat. Minum banyak air untuk menjaga agar kulit tetap sehat, dan terhidrasi sehingga menjaga elastisitas kulit.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga alasan bulu tumbuh di payudara dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi