sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Vegetarian, Apa Pengaruhnya pada Kualitas ASI?

Yuni Ayu Amida Rabu, 08 Apr 2020 14:56 WIB
Menjalani gaya hidup vegetarian adalah pilihan. Namun jika itu dilakukan oleh ibu menyusui, apakah kualitas ASI-nya bisa berubah? Simak penjelasan ini. caption
Jakarta - Sebagian orang mungkin memilih gaya hidup vegetarian, Bun, atau berhenti mengonsumsi daging. Namun, jika gaya hidup vegetarian ini dilakukan ibu menyusui, apakah kualitas ASI-nya akan berubah?

Dijelaskan Diana Gariglio-Clelland, seorang ahli laktasi bersertifikasi yang berbasis di Washington dan juga seorang ahli gizi menjelaskan, ASI terdiri dari sejumlah bahan termasuk sel darah putih, sel induk, protein, asam amino, enzim, hormon, vitamin dan air mineral, antibodi, lemak, dan karbohidrat. Ia mengatakan, meskipun tidak mengonsumsi daging, ibu menyusui tetap bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dari makanan lain.


"Seorang vegetarian benar-benar dapat menyusui dengan sukses, dan ASI-nya tidak akan kekurangan apa pun seperti ASI pada ibu pemakan daging," jelas Diana, dilansir Parent.


Selain itu, Diana memaparkan, diet vegetarian juga tidak akan menyebabkan suplai ASI menjadi lebih sedikit seperti pada diet biasa. Asalkan ibu menyusui mengonsumsi zat besi, kalsium, vitamin B12, dan seng yang cukup.

Sementara itu, Lisa Doggett, M.D., seorang dokter yang berbasis di Austin, Texas, menekankan bahwa sebenarnya ibu menyusui yang vegetarian perlu makan berbagai makanan untuk memastikan mereka mendapatkan jenis nutrisi yang tepat.

"Melanjutkan vitamin prenatal dan makan makanan sehat, diet seimbang dengan perbanyak jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kedelai, dengan atau tanpa susu dan telur rendah lemak, adalah penting," kata Doggett.

Ibu Menyusui Vegetarian, Apa Pengaruhnya pada Kualitas ASI?Ibu Menyusui Vegetarian, Apa Pengaruhnya pada Kualitas ASI?/ Foto: thinkstock


Senada dengan hal tersebut, berdasarkan ulasan yang dikutip dari Kelly Mom, seorang ibu vegetarian atau vegan tidak perlu melakukan tindakan pencegahan diet khusus selama dia mempertahankan vitamin B12, kalsium, dan seng dalam jumlah cukup.

Jika Bunda menghindari daging tetapi mengonsumsi protein hewani jenis apa pun seperti ikan, unggas, telur, susu, keju atau produk susu lainnya, Bunda akan mendapatkan cukup vitamin B12. Sebaliknya, jika Bunda sama sekali tidak mengonsumsi protein hewani, tidak ada ikan, daging, unggas, telur, atau produk susu, Bunda perlu memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup vitamin B12 untuk mencegah bayi dan diri sendiri kekurangan vitamin.


Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi