sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Asri Ediyati Rabu, 06 May 2020 08:06 WIB
Menyusui Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya caption
Jakarta - Sebagian ibu hamil ini menurunkan kelebihan berat badan usai kehamilan mereka. Banyak ibu baru mungkin bertanya-tanya tentang hubungan antara menyusui dan penurunan berat badan. Apakah menyusui membantu Bunda menurunkan berat badan?

Menurut dietitian Alina Petre, MS, RD, menyusui sering dianggap sebagai cara alami untuk membantu ibu baru menurunkan berat badan bayi mereka. Ini mungkin karena ibu menyusui membakar lebih banyak kalori setiap hari.


Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui secara eksklusif cenderung membakar rata-rata 500 kalori tambahan setiap hari - setara dengan mengurangi makan kecil, camilan besar, atau melakukan 45-60 menit latihan fisik intensitas sedang.


Namun, faktor lainnya yang tak kalah penting untuk menyusutkan timbangan adalah kesadaran akan konsumsi makanan yang sehat. Bunda harus menahan diri untuk melahap makanan-makanan yang tidak disarankan saat hamil.

"Ibu menyusui mungkin juga perlu lebih sadar akan apa yang mereka makan. Ini dapat berkontribusi pada penurunan berat badan melalui asupan makanan olahan yang lebih rendah dan konsumsi protein tanpa lemak, buah-buahan yang kaya serat, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang lebih tinggi," kata Petre, dikutip dari Healthline, Kamis (4/5/2020).
ilustrasi ibu menyusuiilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Penting juga untuk diingat bahwa menyusui tidak akan menebus kebiasaan makan yang tidak sehat. Intinya, jika Bunda makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar, maka Bunda tidak akan menurunkan berat badan.

Dilansir Parents, bukan ide yang baik pula untuk mengurangi kalori terlalu banyak saat menyusui. Ini karena Bunda membutuhkan energi yang cukup untuk menghasilkan ASI dan merawat bayi (sambil tidur sangat sedikit).

Konsumsi makanan 1.800 hingga 2.000 kalori per hari. Seperti yang dikatakan Petre, lengkapi piring makan dengan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan protein tanpa lemak.

Kesimpulannya? "Menyusui secara eksklusif selama minimal 3-6 bulan dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak daripada pemberian susu formula atau kombinasi keduanya. Namun, menyusui juga mungkin memiliki efek jangka panjang pada berat badan Anda - bertahun-tahun setelah melahirkan," kata Petre.


Simak juga cara mencegah kehamilan pada ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi