sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Yuni Ayu Amida Sabtu, 02 May 2020 09:04 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui caption
Jakarta - Rambut rontok kerap dialami ibu menyusui. Sebagian mungkin panik karena terlalu banyak rambut yang rontok. Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi hal tersebut?

Dikatakan Geoffrey Redmond, MD, direktur The Hormone Help Center di New York, wanita umumnya memiliki rambut lebih lebat daripada pria karena adanya hormon estrogen, yang membuat rambut tumbuh lebih cepat dalam empat hingga lima bulan.


"Kadar estrogen meningkat selama kehamilan, itulah sebabnya rambut menjadi lebih tebal sekitar empat dan lima bulan. Sayangnya, setelah kelahiran bayi, kadar estrogen menurun, menyebabkan rontok dimulai beberapa minggu pascapersalinan," jelas Redmond, dilansir Romper.


Kerontokan itu biasanya berlangsung satu atau dua bulan, Bunda. Lalu bagaimana kalau rambut tetap rontok saat menyusui ya?

Menurut Redmond, secara teori, menyusui membuat rambut rontok meningkat, karena kadar estrogen menjadi rendah. Namun, dalam pengalamannya, itu tidak mengakibatkan kerontokan rambut permanen.

"Jadi, jangan biarkan kerontokan menghalangi Anda untuk menyusui," tegasnya.

5 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui5 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui/ Foto: iStock


Tapi, jika Bunda merasa tidak nyaman dengan kerontokan tersebut, berikut ini HaiBunda rangkum dari Standard Media, 5 cara mudah mengatasi rambut rontok saat menyusui. Di simak ya.

1. Ganti sampo

Gunakan sampo yang berfungsi sebagai penambah volume rambut agar tebal. Carilah sampo yang memiliki bahan yang bisa membuat rambut terlihat penuh. Selain itu, sebaiknya hindari sampo yang bertuliskan 'conditioner shampoo' karena bisa memberatkan rambut.

2. Gunakan kondisioner ringan

Kondisioner terbaik adalah yang diformulasikan untuk rambut tipis. Kondisioner ini memiliki formula lebih ringan yang tidak akan membebani rambut. Oleskan hanya pada ujung rambut dan hindari kulit kepala karena akan membuat kepala terasa berat. Kondisioner berlabel 'kondisioner intensif' juga harus dihindari karena terlalu berat.

3. Ubah gaya rambut

Jika rambut terus rontok, coba ubah gaya rambut dengan potongan yang membantu volume rambut terlihat lebih berisi. Salah satunya rambut pendek, selain volume rambut terlihat lebih tebal, rambut pendek juga mudah diatur. Sementara itu, mengikat rambut ke belakang dengan gaya ekor kuda atau disanggul sangat tidak disarankan. Karena cenderung lebih mudah merontokkan rambut.

4. Hindari perawatan berlebih

Bersikaplah lembut dengan rambut kapan pun kita menanganinya. Hindari menyisir saat basah dan gunakan sisir gigi lebar. Jangan keramas terlalu sering, jauhkan pengering, pelurus rambut, pengeriting rambut, yang memiliki sifat panas. Hindari perming, retouch, dan perawatan berlebih selama masa menyusui.

5. Gaya hidup sehat

Pertahankan gaya hidup sehat dengan makan makanan baik, atau mengonsumsi tablet vitamin pranatal. Jika merasa rambut rontok terlalu banyak, Bunda harus periksa ke dokter.


Simak juga tips memperbanyak ASI dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi