sign up SIGN UP search


menyusui

Bahaya Ibu Menyusui Kekurangan Nutrisi, Kelelahan hingga Kram Otot

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 May 2020 08:07 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta - Menyusui memakan banyak energi Bunda. Enggak heran kalau dalam masa-masa ini, Bunda pun akan sering merasa lapar.

Hal ini memang wajar karena saat menyusui, nutrisi yang Bunda makan akan diserap si kecil lewat ASI. Inilah yang membuat Bunda jadi mudah lapar meski baru saja makan.


Untuk itu, memenuhi asupan yang cukup selama menyusui sangatlah penting, agar ASI Bunda berkualitas. Sehingga hal itu dapat mendukung tumbuh kembang si kecil secara maksimal. Melansir dari laman Mom, ibu menyusui sudah seharusnya memastikan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi gizi dan vitamin.


"Ketika Bunda tidak cukup makan maka Bunda menyusui dapat mengalami kelelahan dan kesulitan mendapatkan atau mempertahankan berat badan," ujar Katrina Pinkerton seorang konsultan laktasi di Connecticut.

Bahaya Ibu Menyusui Kekurangan Nutrisi, Kelelahan hingga Kram OtotBahaya ibu menyusui kekurangan nutrisi/ Foto: Getty Images

Selain itu, Bunda yang kekurangan asupan juga akan mengalami pusing dan kram otot. Sehingga, sangat penting memenuhi asupan ideal bagi Bunda yang menyusui di mana biasanya membutuhkan tambahkan 400-500 kalori per hari, tambah Pinkerton.

Ibu menyusui yang tidak cukup makan, masih bisa menghasilkan ASI yang mengandung semua nutrisi sehat untuk si kecil. Bahkan ASI yang dihasilkannya masih bisa memenuhi kalori si kecil. Namun, tubuh Bunda akan menderita karenanya.

Nah, dalam kondisi ini tentunya penting sekali bagi Bunda untuk makan secara berkelanjutan dan teratur. Pastikan Bunda mengisi kebutuhan kalori yang diperlukan dengan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, protein tanpa lemak, lemak sehat, kacang-kacangan, dan biji-bijian, seperti dikutip dari laman Fittobepregnant.


Jadi, lupakan sementara keinginan untuk diet demi melindungi asupan buah hati secara berkualitas ya, Bun. Ambil kesempatan ini untuk belajar mencintai tubuh dalam ukuran berapa pun, dan mengobatinya dengan memberikan perlindungan terbaik pada si kecil dengan lebih banyak menyusui.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara senam tongue tie untuk bayi yang kesulitan menyusu, seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi