sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Chia Seed untuk Ibu Menyusui dan Bayinya

Annisa Karnesyia Rabu, 20 May 2020 12:22 WIB
Nutritious chia seeds on a wooden spoon, superfood caption
Jakarta -

Chia seed kini menjadi salah satu sumber makanan yang paling banyak dicari, Bunda. Biji yang bentuknya hitam dan kecil ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Menurut ahli nutrisi Adda Bjarnadottir MS, LN, chia seed mengandung banyak serat, asam lemak omega-3, dan protein berkualitas tinggi. Selain itu, terkandung juga mineral esensial dan antioksidan.

"Chia seed sangat serbaguna, dapat direndam dan ditambahkan ke bubur, dibuat puding, digunakan dalam makanan yang dipanggang, atau ditaburkan di atas salad dan yogurt," kata Bjarnadottir, dikutip dari Healthline, Selasa (19/5/2020).


Tak hanya untuk orang sehat, chia seed ternyata baik dikonsumsi ibu menyusui. Food and Drug Administration (FDA) menganggap chia seed sebagai makanan.

Bagi ibu menyusui yang vegetarian dan harus memasukkan kalori dan makanan bergizi tinggi, chia seed dapat menjadi solusinya. Kata ahli gizi klinis Swati Patwal, chia seed mengandung kalori dan beragam nutrisi yang cocok untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui5 Manfaat Chia Seed untuk Ibu Menyusui dan Bayinya/ Foto: iStock

Namun, agar lebih aman, Bunda bisa berkonsultasi dulu dengan ahli gizi sebelum mengonsumsinya ya. Demikian seperti dilansir Mom Junction.

"Tidak ada batasan asupan aman yang disarankan untuk ibu menyusui. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah moderat, dua hingga tiga sendok makan per hari," ujar Patwal.

Lalu apa saja manfaat chia seed bagi ibu menyusui dan bayinya? berikut 5 manfaat tersebut:

1. Meningkatkan saluran cerna

Total kandungan serat chia seed lebih tinggi dari biji quinoa dan biji rami. Konsumsi chia seed secara teratur dapat mendukung pencernaan yang sehat dan menghindari masalah pencernaan.

2. Menyempurnakan mikrobiota di usus

Sebuah studi in vitro mendukung penggunaan chia seed dalam makanan teratur. Sebab, dapat meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus. Bijinya juga dapat meningkatkan penyerapan mineral dan membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan.

3. Kesehatan tulang

Protein berkualitas tinggi dan asam lemak rantai panjang (PUFA) yang terkandung dalam chia seed memiliki efek positif pada kesehatan tulang.

4. Imunitas

Chia seed mengandung antioksidan yang baik untuk imunitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chia seed adalah paket antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes. Selain itu, dapat juga mendukung pertumbuhan bayi yang sehat.

5. Kesehatan otak

Asam lemak esensial seperti DHA yang ada di dalam chia seed diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif. Konsumsi chia seed secara teratur dapat meningkatkan kadar DHA total dalam ASI. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa chia seed dapat membantu mengurangi stres fisiologis.

Simak juga tips atasi lecet saat menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi