sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui & Bayi, Hidrasi hingga Imunitas

Annisa Karnesyia Selasa, 26 May 2020 16:43 WIB
Air kelapa caption
Jakarta -

Tak hanya untuk ibu hamil, air kepala dipercaya juga bagus dikonsumsi ibu menyusui. Kandungan nutrisinya baik untuk kesehatan ibu dan bayinya, Bunda.

Air kelapa ditemukan dalam kelapa muda. Menurut ahli nutrisi Franziska Spritzler, RD, CDE, air kelapa merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting lainnya.

"Air kelapa terbentuk secara alami dalam buah dan mengandung 94 persen air dan sedikit lemak," kata Spritzler, dikutip dari Healthline.


Lalu, apa saja manfaat air kelapa bagi ibu menyusui? Dikutip dari Mom Junction, air kelapa bisa membantu sekresi ASI dan meningkatkan kadar asam kaprat dan laurat di dalam ASI.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Air kelapa yang terkandung dalam ASI juga baik untuk kekebalan tubuh si kecil yang menyusu. Selengkapnya, berikut 7 manfaat air kelapa bagi ibu menyusui dan bayinya:

1. Meningkatkan hidrasi

Selama menyusui, Bunda perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Air kelapa bisa meningkatkan sekresi ASI dengan memberi tubuh nutrisi penting seperti kalium, gula alami, dan natrium.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa asli mengandung elektrolit dan asam amino esensial yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Fungsi ini nantinya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam laurat dalam ASI juga meningkatkan kekebalan bayi dan membuatnya terhindar dari infeksi.

3. Menjaga tekanan darah

Kandungan elektrolit bisa membantu menjaga tingkat tekanan darah Bunda saat masa menyusui.

4. Baik untuk pencernaan

Beberapa ibu menyusui sering mengalami sembelit dan gangguan pencernaan. Bunda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi air kelapa karena membantu menghilangkan gangguan pencernaan secara efektif.

5. Membantu penurunan berat badan

Air kelapa mengandung gula alami yang bebas lemak. Bagi para ibu yang mencoba menurunkan berat badan selama menyusui, air kelapa bisa jadi pilihan terbaik.

6. Kesehatan tulang dan gigi

Air kelapa mengandung kalsium yang penting untuk perbaikan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya juga membantu kontraksi dan relaksasi otak, serta produksi energi dan fungsi organ yang optimal.

7. Membantu tubuh merespons stres

Asam amino sangat penting dalam memperbaiki jaringan tubuh dan membangun blok protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanine, sistein, arginin, dan sering dibandingkan dengan susu sapi. Arginin merupakan asam amino yang membantu tubuh dalam menanggapi stres, terutama pada kasus setelah melahirkan.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi