sign up SIGN UP search


menyusui

4 Manfaat Ibu Menyusui Minum Air Kelapa, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 15 Oct 2021 08:44 WIB
Ilustrasi air kelapa caption

Minum air kelapa tidak saja menyegarkan tetapi membawa banyak manfaat lho, Bunda. Nah, bagi ibu menyusui minum air kelapa diketahui dapat melancarkan ASI.

Secara umum, air kelapa memiliki banyak manfaat baik untuk mengobati dehidrasi atau menyembuhkan penyakit. Bahkan, air kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan suplai ASI lho.

Tidak sedikit para ibu menyusui yang mengandalkan air kelapa untuk melancarkan ASI karena memang air kelapa dianggap aman dikonsumsi selama menyusui.


Melansir Momjunction, tidak ada rekomendasi klinis tentang keamanan penggunaan air kelapa selama menyusui. Pakar laktasi umumnya menganggap air kelapa aman untuk ibu yang sehat tanpa kondisi medis yang parah.

Sebaliknya, ibu menyusui dengan riwayat gangguan kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi/rendah, masalah ginjal, dan baru saja menjalani operasi, disarankan untuk menghindari air kelapa. 

"Meskipun tidak ada jumlah takaran khusus ibu menyusui minum air kelapa, sebagian besar wanita menyusui dapat dengan aman mengonsumsi satu hingga dua cangkir sehari. Namun, ahli gizi dapat memberikan rekomendasi individual berdasarkan asupan makanan secara keseluruhan," ujar Swati Patwal, M.Sc, seorang nutrisionist.

Oh ya, Bunda, air kelapa sendiri secara tradisional banyak digunakan sebagai galactogogue di berbagai belahan dunia. Menurut pada ahli laktasi, diet seimbang dengan berbagai minuman, termasuk air kelapa, dapat meningkatkan suplai ASI. Namun, tidak ada studi klinik yang menunjukkan efektivitas air kelapa dalam mengatur suplai ASI.

Meski demikian, menambahkan air kelapa segar dalam makanan menyusui dapat memberikan beberapa nutrisi penting, enzim, dan asam fenolik yang dapat mendukung pemulihan pascapersalinan serta menghidrasi Bunda.

Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan beberapa hal tentang bagaimana kelapa dapat memengaruhi ASI dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi ibu menyusui.

Studi menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi minyak kelapa dan produk kelapa lainnya dalam jumlah teratur mengalami peningkatan kadar lauric dan capric acid.

Asam-asam tersebut secara alami terdapat dalam ASI dan bermanfaat dalam memberikan perlindungan antimikroba tambahan untuk bayi yang menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGHIDRASI HINGGA MEMBANTU PENCERNAAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!