sign up SIGN UP search


menyusui

7 Asupan Nutrisi Tambahan untuk Ibu Menyusui yang Vegetarian

Siti Hafadzoh Jumat, 22 May 2020 15:25 WIB
Ilustrasi makan sayur caption
Jakarta -

Ibu menyusui membutuhkan banyak nutrisi supaya produksi ASI mencukupi dan tubuh Bunda jadi sehat. Tapi, bagaimana cara mencukupi asupan nutrisi untuk ibu menyusui yang vegetarian?

Seperti yang kita ketahui, ibu menyusui membutuhkan protein dan nutrisi lain dari daging dan susu. Sedangkan, ibu menyusui yang vegetarian tidak mengonsumsi daging nih, Bunda.

Namun, Bunda yang vegetarian tetap bisa kok menyusui dengan lancar. Ibu menyusui yang vegetarian tidak akan kekurangan nutrisi apa pun.


"Seorang vegetarian benar-benar dapat menyusui dengan sukses, dan ASI-nya tidak akan kekurangan apa pun seperti ASI pada ibu pemakan daging," kata Diana Gariglio-Clelland, seorang ahli laktasi bersertifikasi dikutip dari Parents.

Nah, supaya tidak kekurangan nutrisi, Bunda perlu mengikuti beberapa tips nih. Dilansir Firstcry Parenting, ini 7 tips untuk ibu menyusui yang vegetarian:

1. Kalori alternatif

Karena tumbuhan memiliki kalori yang rendah, Bunda perlu mencari makanan alternatif atau suplemen tambahan nih. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian Bunda.

2. Makan protein nabati

Protein dapat diperoleh dari sumber nabati. Misalnya, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau gelap, dan roti gandum utuh.

Ilustrasi sayuran/ Foto: iStock

3. Suplemen vitamin B12

Vitamin B12 hanya bisa diperoleh dari produk hewani. Untuk mencegah kekurangan nutrisi, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan vitamin B12 dari suplemen.

4. Lengkapi asupan zink

Banyak tanaman yang mengandung zink. Misalnya, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Dark chocolate dan bubuk cokelat juga sumber zink bagi Bunda yang vegetarian.

5. Konsumsi kalsium

Biasanya, kalsium didapatkan dari produk susu. Tapi, untuk vegetarian, kalsium bisa diperoleh dari produk kacang kedelai.

6. Kebutuhan zat besi

Bunda dapat memenuhi kebutuhan zat besi dari jamur, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur berdaun hijau, dan sereal. Konsumsi vitamin C juga perlu supaya asupan zat besi lebih efektif.

7. Asam lemak esensial

Ikan merupakan sumber DHA dan asam lemak esensial Omega 3. Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan otak dan mata bayi, Bunda.

Namun, ibu menyusui yang vegetarian tentu tidak bisa konsumsi ikan. Nah, asam lemak esensial bisa didapat dari biji-bijian, seperti walnut. Kacang yang satu ini mengandung ALA yang diubah tubuh menjadi DHA.

Semoga membantu, Bunda.

Ikuti resep onigiri untuk Bunda yang vegetarian di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi