sign up SIGN UP search


menyusui

Puting Berubah Warna Usai Menyusui, Tanda Bayi Kesulitan Mengisap?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 05 Jun 2020 16:13 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta -

Ada berbagai perubahan yang mungkin Bunda rasakan ketika menyusui. Salah satunya yakni perubahan warna puting.

Memang, Bunda, puting sebenarnya dapat berubah warna. Jika puting Bunda berwarna putih setelah menyusui atau dikenal blanching, itu bisa menjadi pertanda bahwa bayi tidak menyusu dengan baik, Bunda. Ada proses pemotongan suplai darah ke puting.

Inilah yang disebut vasospasme dan biasanya sering disertai dengan rasa terbakar dan menyengat. Dengan memperbaiki kaitan atau isapan bayi saat menyusu, biasanya akan sedikit meredakan ketidaknyamanan tersebut, seperti dikutip dari laman Todaysparent.


Melansir Practical Parenting, vasospasme terjadi ketika pembuluh darah di puting mengencang dan menghentikan aliran darah ke puting, seperti dikatakan Jessica Leonard dari Australian Breastfeeding Association.

Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free spacePerubahan warna puting usai menyusui/ Foto: iStock

"Menerapkan kehangatan di area ini dapat membuat perbedaan besar. Karena, cuaca dingin dapat memperburuk kondisi tersebut. Jadi, jika Bunda dapat memperbaiki cara kait yang benar saat menyusui, maka hal tersebut dapat memperbaiki masalah tersebut," ujar Leonard.

Di luar itu, vasospasme juga bisa menjadi gejala penyakit raynaud dimana ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan menyusui. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Bunda segera memeriksakan ke dokter sesegera mungkin.

Semoga membantu, Bunda.

Bunda, simak juga yuk penjelasan lidah putih pada bayi yang masih menyusu dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi