sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara dalam Masa Menyusui

Kinan Kamis, 04 Jun 2020 09:17 WIB
A Japanese mother breastfeeding her baby girl in a home nursery. caption
Jakarta -

Dalam masa menyusui, kondisi kesehatan payudara menjadi salah satu hal yang tak boleh diabaikan oleh Bunda. Ini sangat memengaruhi tingkat keberhasilan dalam proses menyusui.

Sayangnya, tak sedikit ibu menyusui yang masih mengabaikan kondisi payudaranya. Hal ini pun kemudian memicu masalah termasuk pelekatan yang sulit dan risiko infeksi.

Apa saja cara yang bisa dipraktikkan bagi ibu menyusui untuk menjaga kesehatan payudara? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber:


1. Jaga kebersihan area payudara

Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara, termasuk saat hendak menyusui bayi. Selain itu, jaga payudara dan puting tetap bersih dengan sedikit menggosoknya dengan lembut saat mandi.

Hindari penggunaan sabun yang berbahan terlalu keras pada payudara karena dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, dan teriritasi. Ini juga dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar montgomery yang terletak di area gelap di sekitar puting susu.

Minyak alami ini berfungsi membantu menjaga puting dan areola tetap lembap. Demikian dilansir Very Well Family.

2. Kenakan bra dengan ukuran yang sesuai

Selama menyusui gunakan bra khusus ibu menyusui yang memiliki desain yang pas. Pastikan juga ukurannya sesuai dan tidak terlalu ketat. Untuk bahan, pilih bra dengan bahan katun yang memungkinkan kulit tetap bisa 'bernapas'.

3. Pastikan pelekatan sudah benar

Ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui. (Foto: iStock)

"Jika ibu dan bayi sudah memiliki pelekatan yang benar, masalah menyusui termasuk infeksi payudara bisa dihindari," ujar konselor Connie Cox, RN, IBCLC, dikutip dari Parents.

Tak cuma pelekatan, menjaga frekuensi tetap teratur juga tak kalah penting lho, Bunda. Menyusu dengan rutin, setidaknya setiap 2-3 jam sekali, dapat membantu mencegah masalah payudara.

Termasuk di antaranya nyeri pada puting, pembengkakan payudara, sumbatan saluran susu, dan mastitis.

4. Ganti breast pad sesering mungkin

Jika Bunda menggunakan breast pad selama masa menyusui guna menyerap ASI yang merembes, pastikan untuk selalu menggantinya saat sudah basah. Breast pad yang bersih dan kering dapat membantu mencegah infeksi atau mastitis terjadi.

5. Gunakan krim pelembap puting

Puting yang kering juga bisa menjadi salah satu pemicu nyeri saat menyusui, jadi selalu jaga kelembapannya, ya. Bisa dengan mengoleskan sedikit ASI sebelum menyusui atau dengan krim pelembap khusus puting.

Demikian beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan payudara demi kelancaran menyusui. Jika ada tanda atau gejala nyeri yang tak biasa, segera cek ke dokter atau konselor laktasi, ya.

Simak juga tiga cara untuk mengencangkan payudara dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi