sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mencerahkan Puting Payudara Berwarna Gelap pada Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 17 Apr 2020 08:10 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption
Jakarta - Selama menyusui, areola atau daerah di sekitar puting payudara akan terlihat lebih gelap dari sebelumnya. Kadang, masalah ini menimbulkan rasa tak percaya diri bagi sebagian Bunda.

Kondisi puting yang menghitam biasanya dikaitkan dengan adanya penyempitan dan spasme pembuluh darah yang disebut vasospasme. Namun, bisa juga disebabkan masalah lain yang sementara waktu mengganggu aliran darah ke puting susu.


"Pertama, putingnya akan berubah menjadi putih, kemudian berubah menjadi biru seperti bibir Bunda ketika mengalami kedinginan. Setelah itu, kerap tampak merah muda yang cerah. Jika ini terjadi, sebaiknya Bunda perlu mengidentifikasi masalahnya," ujar Paula Fitt, RNC-EFM, BSN, IBCLC, seorang konsultan laktasi, dikutip dari The Stir.


Fitt menambahkan, perubahan warna areola kemungkinan juga disebabkan karena adanya kompresi puting. Biasanya, ini merupakan akar penyebabnya. Fitt pun merekomendasikan agar para Bunda yang menyusui melakukan penyelidikan tentang penyebab di balik vasospasme di mana biasanya dikaitkan dengan kait yang dangkal, mengisap yang tidak tepat, dan lainnya.

Cara Mencerahkan Puting Payudara Berwarna Gelap pada Ibu MenyusuiTips mencerahkan puting payudara ibu menyusui/ Foto: iStock

Melansir Beautyglimpse, perubahan warna puting sedianya juga dapat dipengaruhi pada gen dan perubahan hormon dalam tubuh, Bun. Seperti halnya hormon estrogen dan progesteron yang merupakan variabel yang menyebabkan perubahan warna pada areola dan puting.

Untuk mengatasinya, Bunda dapat menggunakan bahan alami agar warna gelap pada puting berangsur-angsur menghilang. Misalnya saja, Bunda dapat menggunakan lulur almond dan susu yang dapat menjadi pelembab kulit di sekitar payudara sekaligus menyamarkan warna gelap di puting.


Caranya, Bunda dapat merendam beberapa kacang almond semalaman dalam semangkuk susu. Lalu, haluskan dan oleskan ke putih susu. Biarkan setidaknya selama satu jam dan bilas sampai bersih.

Bunda juga dapat memanfaatkan mentimun, alpukat, jeruk, madu dan susu. Haluskan bahan-bahan tersebut dan tambahkan susu serta madu untuk membentuk pasta. Lalu, oleskan pasta ini setiap hari di puting untuk mendapatkan hasil maksimal.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara menjaga produksi ASI saat sedang menstruasi seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi