sign up SIGN UP search


menyusui

Bisakah Payudara Ibu Menyusui Kembali Kencang?

Yuni Ayu Amida Selasa, 23 Jun 2020 08:07 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Banyak wanita mengalami perubahan payudara, yakni tidak terlihat sama persis seperti sebelum hamil atau menyusui. Sebenarnya, bisakah payudara ibu menyusui kembali kencang?

Dijelaskan perawat senior, Debra Sullivan, Ph.D, MSN, RN, CNE, COI, bentuk payudara setelah menyusui memang berbeda dari sebelum menyusui, mungkin lebih kecil atau lebih besar, kendur atau terkulai lebih banyak, dan mengembangkan stretch mark.

Putingnya mungkin juga terlihat berbeda. Bisa juga satu payudara lebih berubah dari payudara yang lain. Sementara itu, apakah payudara bisa kembali ke ukuran sebelum hamil, ini bervariasi pada setiap orang.


"Secara umum, payudara cenderung kembali ke ukuran semula ketika tubuh kembali seperti sebelum hamil. Namun, bentuk payudara bisa berubah secara permanen," ujar Sullivan, dilansir Medical News Today.

Perubahan ini terjadi karena pembengkakan akibat adanya ASI yang bisa melonggarkan ligamen di dada, dan pada akhirnya membuat payudara terkulai atau kendur.

Sullivan juga mengatakan, beberapa wanita meyakini jika memberi susu botol pada bayinya, mereka tidak akan mengalami perubahan payudara setelah kehamilan. Ini tidak benar. Karena kehamilan sendiri bisa menyebabkan sebagian besar perubahan pada payudara.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Namun, tak hanya menyusui saja, beberapa fakta lain juga bisa lebih signifikan menyebabkan perubahan pada payudara, seperti usia, genetika, pertambahan berat badan selama kehamilan, jumlah kehamilan yang dimiliki seorang wanita, kebiasaan merokok, dan ukuran payudara sebelum kehamilan.

Sementara itu, melansir The Bump, dijelaskan Heather Bartos, MD, konsultan laktasi bersertifikat dan ob-gyn yang berbasis di Cross, Roads, Texas, ketika kulit, jaringan, dan tendon telah berubah bentuk, kecil kemungkinan payudara kembali seperti sedia kala seperti sebelum hamil dan menyusui.

Namun, Bartos juga setuju bahwa perubahan bentuk payudara setelah menyusui bukan sepenuhnya merupakan kesalahan kehamilan atau menyusui. Faktanya, penuaan, BMI tinggi, ukuran bra, dan riwayat merokok, semuanya sangat memengaruhi potensi bentuk payudara.

Tapi bukan tidak mungkin untuk Bunda bisa kembali mendapatkan tampilan payudara yang lebih baik meski telah menyusui. Jika Bunda ingin mencoba, Stephanie Nguyen, RN, konsultan laktasi bersertifikat, menyarankan untuk melakukan latihan yang bisa memperkuat otot dada.

Nguyen menjelaskan, latihan ini bisa membantu payudara terlihat lebih terangkat. Hanya saja, Bunda jangan berharap ukuran dan bentuk payudara bisa berubah secara drastis karena semua butuh proses.

Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi