sign up SIGN UP search


menyusui

11 Cara Atasi Payudara Bengkak Saat Menyusui, Salah Satunya Kompres Air Hangat

Yuni Ayu Amida Selasa, 23 Jun 2020 06:00 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta -

Menyusui adalah momen berharga bagi ibu dan bayinya. Namun, menyusui kadang menjadi hal yang dirasa menyebalkan. Salah satunya karena ibu menyusui mengalami pembengkakan payudara.

Payudara bengkak saat menyusui ini kadang dirasa tidak nyaman, bahkan beberapa ibu menyusui merasakan sakit ketika payudara mulai bengkak. Disarankan dr. Laura Flynn McCarthy, untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut, oleskan daun kubis dingin ke payudara. Ini tidak seperti es, ini bisa dimasukkan dalam bra menyusui dan akan tetap dingin selama beberapa jam.

"Ketika payudara Anda terlalu penuh, pompa sedikit atau mandi air panas untuk merangsangnya," ujar McCarthy, dilansir Parents.


Selain itu, ada 11 cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi payudara bengkak saat menyusui, dilansir Very Well Family.

1. Sering-seringlah menyusui bayi. Tawarkan payudara kepada si kecil sesering mungkin, setidaknya setiap 1 hingga 3 jam sepanjang hari, di siang dan malam.

2. Biarkan anak menyusu selama yang dia mau, dengan waktu setidaknya 20 menit setiap kali menyusu. Jika bayi mengantuk, bangunkan dia untuk menyusu.

3. Gunakan tangan atau pompa payudara untuk mengeluarkan sedikit ASI sebelum menyusui. Ini akan membantu meringankan beberapa sesak, melemaskan payudara, dan membuatnya lebih mudah bagi bayi untuk menyusu.

Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free spaceCloseup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free space/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

4. Pijat payudara saat bayi menyusu untuk membantu mengeluarkan lebih banyak ASI.

5. Setelah setiap sesi menyusui, letakkan kompres dingin di payudara. Ini dapat meringankan rasa sakit dan bengkak.

6. Kosongkan payudara sepenuhnya dengan menyusui hanya dari satu sisi, kemudian setelah sisi payudara tersebut kosong, mulailah dengan memberi ASI pada bayi di payudara yang lain.

7. Pilih posisi menyusui yang tepat dan memberi kenyamanan pada Bunda dan bayi.

8. Mandilah dengan air hangat atau kompres air hangat ke payudara sebelum menyusui. Kehangatan bisa membantu refleks let-down yang membantu ASI keluar lebih lancar saat menyusui.

9. Jangan berikan susu formula atau air minum di antara sesi menyusui. Bayi akan lebih sedikit meminum ASI ketika saatnya untuk menyusu dan memicu payudara Bunda bengkak.

10. Perhatikan tanda-tanda blebs, saluran ASI yang tersumbat, atau infeksi payudara.

11. Jika ingin menyapih, cobalah menyapih lebih lambat. Menyapih bayi secara bertahap akan membuat Bunda tidak mengalami pembengkakan payudara sama sekali.

Simak juga tips aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi