sign up SIGN UP search


menyusui

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ibu Menyusui di Malam Hari

Yuni Ayu Amida Minggu, 28 Jun 2020 10:37 WIB
Ibu menyusui Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ibu Menyusui di Malam Hari/ Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian ibu baru mungkin akan merasa sangat lelah ketika harus selalu terbangun di malam hari untuk menyusui bayinya. Padahal, menyusui di malam hari sebenarnya punya segudang manfaat lho, Bunda.

Menyusui malam penting untuk keberhasilan ASI eksklusif. Seperti diketahui prolaktin memang lebih aktif di malam hari.

Prolaktin adalah hormon penting yang dibutuhkan dalam produksi ASI (Air Susu Ibu). Nah, menyusui di malam hari membuat hormon ini lebih aktif, sehingga produksi ASI pun jadi lebih lancar.


Sementara itu, kebanyakan ibu menyusui gagal memberikan ASI eksklusif karena produksi ASI menurun. Untuk mencegah penurunan ASI tersebut, maka sebaiknya ibu rutin menyusui bayinya malam hari.

Tak hanya itu saja, berikut 5 manfaat menyusui di malam hari yang bisa Bunda dan si kecil rasakan, dikutip dari Latin American Post.

1. Menghasilkan lebih banyak ASI

Ibu menyusui menghasilkan lebih banyak ASI di malam hari daripada siang hari karena kadar prolaktin meningkat. Prolaktin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang kelenjar susu, untuk menghasilkan ASI yang dikonsumsi bayi. Ini artinya menyusui di malam hari akan membantu meningkatkan produksi ASI.

2. Bisa istirahat lebih lama

Hal ini mungkin bertentangan dengan apa yang Bunda pikirkan selama ini. Namun, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), ibu menyusui eksklusif bisa tidur 40 hingga 45 menit lebih lama daripada ibu yang bayinya diberi susu formula.

Meskipun 40 hingga 45 menit mungkin tidak terlalu lama, namun ini akan terasa sebagai perbedaan besar bagi ibu menyusui yang kurang tidur. Selain itu, hormon prolaktin juga akan membantu Bunda rileks dan beristirahat dengan lebih baik.

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, SerbiaYoung mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia/ Foto: iStock

3. Kurangi risiko saluran ASI tersumbat

Tidak menyusui atau melakukannya tidak teratur bisa jadi kontraproduktif bagi ibu menyusui. Ini bisa menyebabkan penyakit seperti mastitis atau saluran ASI tersumbat. Jadi, sangat penting untuk menyusui di malam hari karena bisa mengurangi risiko saluran ASI tersumbat. Perlu Bunda ingat juga, bayi pun bisa memutuskan kapan ia harus makan, sekalipun itu pada malam hari.

4. Bayi bisa tidur lebih baik

Menurut penelitian yang dilakukan Yayasan Spanyol untuk Sains dan Teknologi, ASI yang diproduksi pada siang hari sangat berbeda dari yang diproduksi pada malam hari karena komponen di dalamnya berubah. Dengan demikian, ASI pada malam hari akan membantu bayi untuk rileks dan istirahat lebih baik, juga kedekatan Bunda dan si kecil akan membantunya merasa lebih tenang.

5. Meningkatkan kesehatan

Pada malam hari, ibu mengeluarkan melatonin melalui susu. Ulasan dari Mayo Clinic, melatonin adalah hormon yang mengintervensi siklus tidur alami. Selain membantu bayi tidur, hormon ini juga berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan yang lebih baik karena ada efek relaksasi. Tak hanya itu, rutin menyusui bayi malam hari juga bisa mencegah si kecil lekas marah atau kolik.

Simak juga tips cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi