sign up SIGN UP search


menyusui

7 Cara Mencegah Payudara Kendur Setelah Menyusui

Yuni Ayu Amida Rabu, 24 Jun 2020 06:00 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta -

Sebagian besar wanita merasa bahwa payudara mereka menjadi kendur setelah menyusui. Kira-kira adalah cara untuk mencegah hal ini terjadi?

Dijelaskan tenaga medis bersertifikat, Meredith Shur, MD, FACOG, meskipun menyusui kerap disalahkan sebagai penyebab payudara kendur, sebenarnya bukan menyusui saja yang menyebabkan payudara terkulai. Kendur adalah hasil dari kehamilan dan pengaruh lainnya.

"Payudara mengalami banyak perubahan selama kehamilan dan tumbuh lebih besar untuk mempersiapkan periode menyusui. Kemudian, setelah bayi Anda lahir, ASI mengisi payudara Anda, dan lebih meregangkan kulit," ujar Shur, dilansir Very Well Family.


Setelah kehamilan dan menyusui, payudara dapat kembali seperti semula, tetap lebih besar, atau menjadi lebih kecil. Dan jika jaringan payudara menyusut, tetapi kulit tetap meregang, payudara akan terlihat kendur.

Meskipun mungkin payudara tidak kembali 100 persen seperti semula, namun 7 hal berikut bisa dicoba untuk meminimalkan atau mengurangi efek payudara kendur setelah menyusui, dilansir The Boo Buddy.

1. Kenakan bra yang baik

Mengenakan bra yang mendukung selama dan setelah kehamilan adalah suatu keharusan. Payudara Bunda akan lebih berat secara signifikan selama kehamilan serta saat payudara mulai menghasilkan ASI, sehingga yang terbaik adalah memastikan menyokong mereka dengan benar.

Memiliki bra menyusui yang baik sangat penting untuk semua ibu hamil dan menyusui. Bra harus terasa nyaman dan membuat payudara terasa kuat pada posisi tegak. Mengenakan bra yang berkualitas baik akan membantu mencegah payudara kendur setelah menyusui.

2. Menyusui dengan postur tepat

Sebagian besar ibu menyusui secara alami membungkuk saat menyusui anaknya. Hal ini bisa memiliki efek negatif pada payudara.

Cara terbaik untuk memastikan postur tubuh Bunda tepat selama menyusui adalah dengan berinvestasi dalam bantal menyusui atau bentuk dukungan lain untuk membuat bayi lebih terangkat dan menghindari Bunda membungkuk. Dengan melakukan postur dan posisi sederhana ini, setidaknya bisa membantu mencegah atau mengurangi payudara kendur setelah menyusui.

3. Pijat dengan air hangat dan air dingin

Tahukah Bunda bahwa air panas meningkatkan sirkulasi darah, sementara air dingin membantu mengencangkan. Pijatlah payudara dengan air hangat, kemudian akhirnya dengan mandi air dingin.

Saat memijat Bunda bisa gunakan kain flanel atau washlap lembut. Bisa juga sebaliknya, pijat dengan air dingin atau es batu, kemudian akhiri dengan mandi air hangat. Namun, jangan terlalu banyak es batunya ya, Bunda, jangan sampai payudara malah dirasa tidak nyaman atau mati rasa.

4. Jaga payudara tetap lembap

Menjaga agar payudara tetap lembab akan membantu menjaga elastisitas payudara agar tetap terkendali. Yang pada gilirannya, akan membuatnya kenyal dan membantu mencegah kendurnya payudara setelah menyusui.

Oleskan minyak vitamin E, shea butter atau cocoa butter ke payudara setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam hari untuk memastikan mereka dilembabkan dengan benar setiap saat. Ini tidak hanya akan meningkatkan elastisitas payudara tetapi juga mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya stretch mark yang sering berkembang pada payudara.

5. Makan dengan benar

Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment togetherMother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together/ Foto: iStock

Mengikuti diet sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat dapat membantu ibu menyusui untuk memberikan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh mereka untuk kulit yang sehat dan jaringan ikat, yang muncul di payudara.

Ibu menyusui juga bisa makan lebih banyak kuning telur dan mentega yang mengandung asam arakidonat, yang terbukti memfasilitasi pembentukan persimpangan antara sel-sel kulit. Ini pada akhirnya membantu menjaga payudara tetap kencang.

6. Minum banyak air

Bunda juga perlu memastikan seluruh tubuh terhidrasi untuk mencegah payudara kendur setelah menyusui. Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik selama dan setelah kehamilan serta menyusui akan membuat kulit awet muda dan sehat. Ini akan menghentikan kerutan dini dan anti-penuaan yang berhubungan dengan dehidrasi dalam jangka waktu yang lama.

7. Berolahraga

Berolahraga mungkin akan jadi suatu yang sulit untuk ibu baru, namun berolahraga ini adalah hal penting karena bisa membantu memastikan payudara tidak terlalu kendur.

Olahraga teratur akan membantu menjaga kulit Bunda kencang. Serta mampu mengurangi jumlah lemak tubuh yang pada dasarnya akan membantu mencegah payudara kendur setelah menyusui.

Ini bukan hanya untuk ibu baru saja, Bunda juga harus mencoba berolahraga dengan cukup selama awal dan pertengahan tahap kehamilan. Untuk menghindari penurunan berat badan yang cepat, yang mungkin memiliki efek negatif, cobalah untuk menurunkan berat badan secara bertahap dan tidak sekaligus dalam waktu singkat.

Simak juga 5 cara cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi