sign up SIGN UP search


menyusui

10 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Supaya Bayi Tidak Mencret

Annisa Afani Rabu, 01 Jul 2020 17:10 WIB
Cerita Pengalaman Makan Tak Terduga Saat Urus Bayi, Curhatan Ibu Ini Jadi Viral caption
Jakarta -

Diare atau mencret adalah gejala parah yang tidak boleh diremehkan, terutama pada bayi. Karena jika bayi mengalaminya, maka dia bisa dehidrasi dalam hitungan jam. Akibatnya, dapat menimbulkan masalah kesehatan lain, bahkan bisa fatal jika dibiarkan.

Karena itu, sebaiknya mencegah sebelum diare menimpa bayi, ya Bunda. Nah bagi Bunda yang masih menyusui, penting untuk menjaga makanan karena apa yang Bunda makan akan sangat berpengaruh bagi air susu ibu (ASI) yang dikonsumsi bayi.

Dikutip dari Nursing Mom, berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa membuat bayi diare, sehingga sebaiknya dihindari selama ibu menyusui:


1. Yogurt

Yogurt kaya enzim dan bisa sulit dicerna bayi menyusui. Namun bayi akan mengalami diare akibat yogurt jika memiliki kepekaan khusus terhadap susu dan laktosa. Nah, jika bayi peka pada susu atau laktosa, Bunda sebaiknya tidak mengonsumsi yogurt.

2. Susu sapi

Jika Bunda mengonsumsi susu sapi maka akan menambah protein susu dan laktosa yang sudah didapat dari ASI, sehingga membuat jumlahnya menjadi berlebihan. Bunda harus memperhatikan reaksi bayi terhadap laktosa dan susu sapi karena tidak semua bayi sama.
Beberapa bayi tidak mengalami diare, namun lainnya rentan terhadap produk susu.

3. Buah pir

Buah pir dianggap sebagai pencahar alami karena bagus untuk mengobati sembelit, terutama ketika dikonsumsi dalam bentuk jus. Namun jika bayi tidak menderita sembelit dan Bunda makan terlalu banyak pir maka berpotensi menyebabkan bayi menyusui mengalami diare.

4. Susu formula

Jika Bunda menyusui juga memberikan susu formula kepada bayi maka kombinasi ASI dan susu formula bisa menyebabkan bayi mengalami diare.

5. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan kembung dan diare karena sulit dicerna, bahkan untuk pencernaan kita sendiri, Bunda. Jika makanan pedas masuk ke dalam ASI, bayi mungkin akan mengalami kedua gejala ini juga.

-Ilustrasi makan pedas/ Foto: Istimewa

6. Cokelat

Cokelat pada dasarnya adalah kombinasi dari susu, gula, cokelat, dan bahan lainnya. Karena itu, dan terutama karena konsentrasi tinggi susu dan gula, itu dapat menyebabkan diare pada bayi jika ibu menyusui mengonsumsinya secara berlebihan.

7. Tomat

Bayi belum berkembang dengan baik untuk memproses keasaman tomat. Jika ini adalah sayuran favorit, Bunda mungkin bisa menguranginya saat sedang menyusui. Sebab, tomat bisa menyebabkan feses pada bayi yang disusui menjadi lembek jika ASI yang dikonsumsi terlalu asam.

9. Kopi

Kopi diketahui bisa menyebabkan kembung atau feses lembek dan reaksi ini bisa ditularkan ke bayi jika Bunda menyusui terlalu banyak minum kopi. Terbaik adalah menghindari kopi, setidaknya tiga jam sebelum menyusui bayi.

10. Makanan terkontaminasi

Bunda harus selalu memperhatikan aspek higienis dari makanan untuk kesehatan Bunda dan bayi. Kuman dalam makanan dapat mencapai ASI dan menyebabkan diare serta gejala lainnya pada bayi. Oleh sebab itu, cuci buah, sayuran dengan benar dan masak daging dalam suhu tinggi untuk menghindari risikonya, ya Bunda.

Jika bayi mengalami diare, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Bayi dan anak perlu mendapatkan pengobatan utama untuk mengganti cairan yang hilang dengan cepat.

Bunda, simak juga cara membersihkan lidah putih pada bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi