sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Anak Mulai Tumbuh Gigi

Asri Ediyati Jumat, 21 Aug 2020 14:22 WIB
Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free space caption
Jakarta -

Bagi Bunda yang baru pertama kali punya anak atau punya trauma kecil digigit anak saat menyusui, mungkin merasa khawatir ketika anak mulai tumbuh gigi. Gusi yang gatal memang sering membuat anak menggigit puting ibunya ketika disusui.

Ya, menyusui bayi yang giginya mulai tumbuh bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi itu bukan hal yang tidak dapat diatasi. Untuk itu, yuk hindari lima kesalahan saat anak mulai tumbuh gigi berikut ini:

1. Tidak menyusui bayi

Mengutip dari Cafemom, bayi yang sedang tumbuh gigi terkadang mengigit. Namun, ini bukan halangan bagi Bunda untuk tidak menyusui bayi bahkan menyapih bayi karena dianggap bisa makan MPASI. Bayi yang menyusu dengan benar tidak akan menggigit Anda.


2. Perlekatan tidak benar

Jika bayi menggigit, biasanya ada yang salah dengan perlekatannya, Bunda. Coba perhatikan dan benarkan lagi. Jangankan digigit, perlekatan yang salah juga terkadang membuat puting lecet, lho.

Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living roomIbu Menyusui, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Anak Mulai Tumbuh Gigi/ Foto: iStock

3. Memberi kompres dingin secara berlebihan pada gusi bayi

Dilansir laman resmi La Leche League, saat tumbuh gigi, biasanya gusi si kecil agak nyeri. Jika bayi terus-terusan rewel karena itu, cobalah untuk mengatasi nyeri gusi sebelum menyusui. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan kompres dingin.

Jika berlebihan, kompres dingin bisa saja membuat mulut bayi mati rasa. Ya, karena mati rasa dapat memengaruhi kemampuannya untuk melakukan perlekatan dengan benar.

4. Tidak mencoba posisi menyusui lainnya

Gigi yang baru tumbuh sangat tajam, untuk membantunya memotong gusi, sehingga puting Bunda mungkin akan tergores saat menyusui.

Jika puting sakit karena gigitan, coba gunakan posisi menyusui yang berbeda agar gigi bayi tidak menyentuh tempat yang sakit. Jadi jangan putus asa sebelum mencoba ganti posisi menyusui ya, Bunda.

5. Selalu menyodorkan payudara saat anak rewel

Anak yang tumbuh gigi cenderung rewel dan sering minta menyusu. Namun, kurang tepat rasanya jika Bunda selalu menyodorkan payudara saat anak rewel, apalagi jika mereka langsung menolaknya.

Bunda bisa alihkan perhatian si kecil dengan hal lain, misalnya menyanyi bersama, mandi air hangat, gendong anak ke luar rumah misalnya ke teras.

Selamat mencobanya ya!

Simak juga tips sukses memberi ASI eksklusif untuk ibu sambil bekerja dari Nadia Mulya:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi