sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memompa dan Menyimpan ASI Saat Liburan di Era New Normal

Asri Ediyati Jumat, 14 Aug 2020 14:41 WIB
Close up of breastfeeding supplies. A mom holds a newborn in the background. The supplies are on a table along with a doctor's bag. caption
Jakarta -

Beberapa tempat wisata dan hotel kini sudah dibuka. Berkaitan dengan era new normal, masing-masih pihak tempat wisata atau hotel tentunya telah siap dengan protokol kesehatan. Bunda berencana liburan di long weekend pada pekan depan?

Jika iya, maka semuanya perlu disiapkan secara matang nih. Apalagi jika Bunda bawa anak dan sedang menyusui. Nah, masih berhubungan dengan menyusui, biasanya para Bunda juga enggak lupa membawa pompa ASI saat berpergian.

Namun, di era new normal seperti ini, aman enggak ya memompa ASI dari luar rumah? Sekali lagi, jika semuanya disiapkan secara matang pasti aman-aman saja kok, Bunda.


Berikut tips memompa dan menyimpan ASI saat liburan di era new normal:

1. Bawa pompa ASI elektrik

Pompa ASI elektrik mengurangi jarak atau frekuensi tangan Bunda menyentuh area payudara. Selain itu kerja pompa ASI ini lebih efisien, Bunda tinggal duduk dengan tenang dan ASI pun dipompa secara otomatis.

Namun, mengutip Motherly, Jangan lupa bawa pompa manual sebagai back-up. In case kalau pompa ASI-nya sudah habis dayanya dan Bunda perlu melakukan pompa karena darurat.

2. Bawa apron menyusui

Dilansir The Bump, apron menyusui bukan hanya aksesori yang berguna untuk menyusui di depan umum. Apron juga bagus untuk memberikan perlindungan ekstra saat Bunda perlu memerah ASI di depan umum. Apalagi di era new normal tak semua fasilitas nursing room di tempat wisata dibuka. Lagipula, bercampur dengan orang lain juga khawatir ya, Bunda.

3. Bawa kit pembersih pompa

Menjaga kebersihan semua bagian pompa adalah langkah penting dalam memompa ASI dengan aman. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) merekomendasikan mencuci kit pompa dengan sabun dan air sesegera mungkin setelah digunakan dan biarkan semuanya mengering.

Di rumah, ini bukan masalah besar, tetapi dalam perjalanan, ini agak merepotkan. Nah, jika dirasa merepotkan sekali, Bunda bisa gunakan tisu pembersih khusus pompa, bisa dicek di e-commerce.

4. Bawa cooler bag

Setelah memompa, Bunda tentu membutuhkan tempat yang sejuk untuk menyimpan ASI. Saat Bunda berada di luar, tas pendingin atau cooler bag akan memungkinkan Bunda membawa ASI dengan aman sampai Bunda kembali ke dalam kamar hotel.

5. Minta kamar dengan kulkas mini pada pihak hotel

Bunda berencana staycation di hotel? Jika Bunda akan menginap di hotel, hubungi dahulu dan minta kamar dengan kulkas mini ya.

Semoga tipsnya bermanfaat dan happy holiday!

Simak juga tips meningkatkan produksi ASI secara alami:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi