sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Penyimpanan ASI yang Tepat bagi Ibu Bekerja, Tanya Pakar Yuk

Muhayati Faridatun Kamis, 22 Oct 2020 16:18 WIB
Manual breast pump, mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby. Happy mother with baby at background caption
Jakarta -

Saat pandemi COVID-19, tidak sedikit ibu menyusui yang merasa cemas jika harus pumping di tempat kerja. Supaya aman dan tetap higienis, bagaimana sih cara menyimpan ASI hasil pumping di kantor?

Seperti Bunda ketahui, kantor atau tempat kerja merupakan ruang publik yang berisiko terhadap penularan COVID-19. Terlebih belum lama ini, gedung perkantoran sempat menjadi klaster baru penularan virus Corona.

Inilah yang membuat ibu menyusui makin galau, terlebih saat harus memompa payudara di tempat kerja. Apalagi kalau waktunya pumping di ruangan khusus, ternyata berbarengan dengan ibu menyusui lainnya. Bagaimana ya supaya ASI perah (ASIP) tetap aman?


Boleh enggak sih simpan di kulkas atau freezer kantor, bercampur dengan ASIP ibu menyusui lain? Belum lagi kalau banyak makanan atau minuman lain yang disimpan di sana. Bagaimana kalau ASI hanya disimpan dalam cooler bag dan tidak dimasukkan kulkas?

Duh, banyak banget kan kegalauan ibu menyusui yang sudah aktif bekerja lagi. Supaya enggak bingung lagi, yuk tanya langsung ke konselor laktasi, dr.Sarah Audia Hasna, dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda.

Kulwap dengan tema Manajemen Penyimpanan ASI untuk Ibu Bekerja ini akan berlangsung pada Selasa, 27 Oktober 2020, mulai pukul 19.00 WIB. Bunda mau daftar? Langsung klik di sini.

Kulwap cara penyimpanan ASIKulwap cara penyimpanan ASI/ Foto: HaiBunda

Simak juga yuk, cara mencegah mastitis yang rentan dialami ibu menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi