sign up SIGN UP search


menyusui

Kompres Daun Kol Dingin Bisa Atasi Mastitis, Benar Enggak Sih?

Annisa Karnesyia Selasa, 30 Mar 2021 13:21 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Mastitis yang terjadi saat menyusui bisa bikin Bunda enggak nyaman. Pada kondisi serius, Bunda dapat mengalami demam tinggi dan sulit menyusui si Kecil lho.

Mastitis terjadi ketika bakteri masuk ke payudara atau karena saluran Air Susu Ibu (ASI) tersumbat. Gejalanya bisa berupa nyeri payudara, bengkak, demam, hingga menggigil.

"Untuk ibu menyusui, saluran ASI tersumbat dapat menyebabkan mastitis. Akibatnya, puting pecah-pecah dan meningkatkan risiko infeksi payudara," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Healthline.


"Ingatlah bahwa gejala bisa berkembang tanpa peringatan. Ibu perlu memperhatikan kondisi tubuhnya jika mulai merasa tidak enak badan," sambungnya.

Banner Pria Palestina Nikahi MUA Malang

Kondisi mastitis ini umumnya bisa ditangani dengan pemberian obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Pada kasus yang ringan, Bunda mungkin tidak akan diresepkan antibiotik oleh dokter.

Selain antibiotik, cara alami mengatasi mastitis bisa dengan daun kol dingin. Cara ini dianggap efektif mengatasi nyeri payudara akibat infeksi, Bunda.

Studi tahun 2015 menjelaskan bahwa mengompres daun kol ke payudara bengkak memiliki efek seperti pereda nyeri saat dikompres hangat. Daun kol mengandung senyawa tertentu yang memiliki efek anti-inflamasi.

Sebuah ulasan tahun 2012 di National Library of Medicine, menemukan bahwa daun kol dapat mengurangi rasa sakit dan payudara bengkak, sehingga wanita bisa terus menyusui.

Menggunakan daun kol dingin untuk atasi mastitis enggak boleh sembarangan. Jika payudara Bunda sudah tidak begitu sakit dan pembengkakan berkurang, maka harus dihentikan penggunaannya.

"Obat alami ini juga bisa mengeringkan suplai ASI jika terus digunakan untuk mengurangi pembengkakan di payudara," ujar pendidik keperawatan, Debra Sullivan, Ph.D.

Nah, bagi Bunda yang menyapih dan ingin berhenti menyusui, daun kol dingin bisa jadi cara menekan produksi ASI. Daun ini tidak akan merusak payudara meski digunakan dalam waktu lama.

Lalu bagaimana cara menggunakan daun kol dingin untuk mengatasi mastitis? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 9 cara mencegah mastitis, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA KOMPRES PAYUDARA DENGAN DAUN KOL DINGIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi