sign up SIGN UP search


menyusui

4 Langkah Pijat Oksitosin untuk Lancarkan ASI, Minta Bantuan Ayah Yuk

Meita Fajriana Jumat, 14 May 2021 14:08 WIB
mother kissing his baby girl . caption

Jakarta - Sudah enggak asing dengan hormon oksitosin, Bunda? Biasanya disebut juga dengan hormon cinta, karena bisa membuat Bunda jadi lebih tenang dan bahagia. Hormon ini sangat erat lho hubungannya dengan ibu hamil dan menyusui. Kenapa ya? 

Nah, saat hamil dan menyusui Bunda perlu untuk relaks agar janin di dalam kandungan juga ikut bahagia. Begitu juga dengan ibu menyusui, saat tubuh rileks produksi ASI pun akan semakin meningkat. Lantas bagaimana cara mengeluarkan hormon oksitosin dan apa saja manfaatnya? 

Melansir Babygaga, oksitosin adalah hormon yang membantu para Bunda mulai dari masa kehamilan dengan memperkuat hubungan ibu dan janin, membantu persalinan, memperlancar ASI,  hingga merawat bayi. Singkatnya, hormon oksitosin menjadikan Bunda bisa merasa sebagai orangtua yang terbaik.


Berpelukan dengan orang yang disayang menjadi salah satu cara mudah untuk mengeluarkan hormon oksitosin ini lho Bunda. Bisa dicoba dengan anak atau pasangan di rumah ya. Nah, untuk Bunda yang masih berjuang menyusui Si Kecil yang penuh tantangan, juga bisa nih coba cara mengeluarkan hormon oksitosin dengan cara dipijat.

Banner Santriwati Dinikahi Miliuner ArabBanner Santriwati Dinikahi Miliuner Arab/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Karena sudah tau manfaat baik dari hormon oksitosin ini, Bunda bisa mencoba untuk melakukan pijat oksitosin. Saat dipijat Bunda akan merasa lebih tenang dan rileks sehingga produksi ASI lebih maksimal.

Melansir dari situs Healthline, pijat oksitosin selama 15 menit tidak hanya membantu memberikan efek rileks Bunda, namun juga merangsang hormon oksitosin keluar lebih banyak. Pijatan membuat kadar hormon oksitosin berada di level yang lebih tinggi, sehingga tidak heran Bunda dapat memiliki mood yang baik. 

Selain itu manfaat pijat oksitosin yang biasanya dirasakan adalah mengurangi rasa sakit, mengatasi stres dan kecemasan. Cocok sekali untuk Bunda yang lagi berjuang menghadapi tantangan menyusui nih.

Kok bisa ya, Bunda? Hemm..Kita simak cara kerjanya di halaman berikut yuk!

Tertarik untuk mempraktikkannya? Simak cara pijat oksitosin seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA PIJAT OKSITOSIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi