sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui, Benarkah Bikin ASI Melimpah?

Nanie Wardhani Rabu, 23 Jun 2021 16:41 WIB
Dried apricots, dates, raisins and various nuts, vintage wooden background, selective focus caption

Jakarta - Pasca melahirkan, Bunda akan membutuhkan asupan energi yang lebih banyak dan kaya nutrisi dibandingkan dengan sebelum Bunda hamil ataupun melahirkan. Tubuh Bunda mengalami perubahan drastis baik secara hormonal, maupun fisik karena rutinitas harian Bunda pun berubah. 

Mengasuh bayi yang baru lahir tentu sangat menguras tenaga, terutama bagi Bunda yang baru pertama kali memiliki anak, karena banyaknya adaptasi yang perlu dilakukan oleh Bunda. Tidak hanya jam tidur yang berkurang, tapi juga karena bertambahnya kegiatan Bunda dalam mengasuh anak. Kebutuhan tubuh pun berbeda karena nutrisi dari tubuh Bunda banyak diserap Si Kecil melalui ASI yang diminumnya.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan kalori harian yang Bunda butuhkan agar tetap prima dan dapat menghasilkan ASI yang berkualitas, tentu saja Bunda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, bahkan disertai dengan mengonsumsi suplemen tambahan bila perlu. Selain itu, beberapa makanan yang lactogenic, atau yang dapat memancing produksi ASI juga dibutuhkan agar ketersediaan ASI Bunda untuk Si Kecil selalu melimpah.


Salah satu makanan lactogenic tersebut adalah buah kurma. Namun kini tak hanya dengan memakan langsung buah kurma, tapi manfaat yang sama melimpahnya juga bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi sari kurma.

Lalu, apa sajakah manfaat dari sari kurma untuk Bunda menyusui? Dilansir Healthline terdapat satu penelitian kecil yang menemukan fakta bahwa ternyata mengkonsumsi kurma segera setelah melahirkan bisa menghasilkan lebih sedikit kehilangan darah dan perdarahan dibandingkan ketika diberi oksitosin.

Selain itu, kandungan gula alami yang terdapat pada sari kurma dapat memberikan energi tambahan yang sangat dibutuhkan saat Bunda baru saja melahirkan. Kebutuhan kalori dan karbohidrat pun meningkat tajam saat Bunda menyusui, kandungan gula dan karbohidrat yang ada pada sari kurma dapat memenuhi kebutuhan tersebut selama Bunda menyusui.

Young woman at home eating dates fruitKurma sebagai ASI Booster/ Foto: iStock

Kira-kira apa saja kandungan yang ada dalam sari kurma hingga dianggap memiliki manfaat yang melimpah untuk Bunda menyusui? Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam kurma, seperti dilansir dari The Contented Company:

1. Triptofan

Triptofan adalah salah satu dari 10 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk memproduksi protein yang dibutuhkan. Secara khusus, triptofan berfungsi sebagai prekursor untuk serotonin (hormon yang membuat Bunda merasa nyaman). Seratonin ini sangat membantu proses kimiawi pembentukan ASI.

Serotonin ini sifatnya melawan dopamin, yang menekan Prolaktin (Prolaktin adalah yang diperlukan untuk memproduksi ASI). Jadi apa pun yang membuat kadar Dopamin tetap rendah, maka akan membuat kadar Prolaktin tetap tinggi; sehingga makanan tersebut disebut sebagai makanan laktogenik, yaitu makanan yang membantu proses produksi ASI.

Kesimpulannya: Triptofan tinggi = seratonin tinggi = prolaktin tinggi.

Triptofan sangat berlimpah dalam kurma, karenanya kurma atau pun sari kurma sangat bagus untuk ibu menyusui.

2. Kalsium

Sari kurma mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setiap 100gr kurma mengandung 6,5 persen kalsium. Kalsium ini dibutuhkan baik untuk Bunda maupun untuk Si Kecil. Karena kandungan kalsium dalam tubuh Bunda biasanya akan diserap oleh Si Kecil melalui ASI, maka tambahan asupan kalsium sangat dibutuhkan oleh Bunda dan Si Kecil.

Sari kurma juga sangat kaya akan nutrisi. Sari kurma adalah sumber berbagai vitamin dan mineral yang baik; sumber energi, gula dan serat yang baik; mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium dan seng; dan terakhir vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A dan vitamin K.

Selain itu, sari kurma juga merupakan sumber zat besi dan potasium yang sempurna. Zat besi sangat penting untuk pemulihan Bunda dan potasium membantu menyelaraskan detak jantung dan tekanan darah Bunda.

Terakhir, sari kurma yang bergizi ini memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membantu atasi sembelit, kesehatan dan kekuatan tulang, gangguan usus, anemia, alergi, penambahan berat badan, penambah energi, kesehatan sistem saraf, kesehatan jantung, kesehatan seksual dan stamina, rabun senja, mabuk, diare, dan kanker perut.

Melimpah sekali ya, manfaat yang terkandung dalam sari kurma. Bahkan tidak hanya bagus untuk ibu hamil dan menyusui, tapi juga akan sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

 Simak informasi lebih lengkap di halaman selanjutnya!

Lihat juga ya ASI Booster enak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi