sign up SIGN UP search

menyusui

5 Variasi Olahan Lezat Kurma Ini Ampuh Jadi ASI Booster Ibu Menyusui

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 15 Apr 2022 07:10 WIB
Banana and chocolate smoothie in two jars, protein milkshake, nuts, chocolate cubes, dates, cinnamon sticks, healthy eating on a dark background. caption

Jakarta - Tahukah Bunda, ternyata sebagian besar busui kerap merasa khawatir ASI-nya tidak akan mencukupi kebutuhan bayi. Untuk itu, para Bunda menyusui biasanya akan mencari cara untuk meningkatkan produksi ASI mereka. 

Memang ada kok beragam upaya yang bisa dilakukan untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI, semisal dengan melakukan pijat bayi atau melahap makanan atau minuman tertentu.

Jadi, Bunda tak perlu khawatir ya bila merasa produksi ASI-nya terlalu sedikit. Salah satu makanan yang banyak direkomendasikan sebagai ASI booster atau makanan peningkat ASI yakni buah kurma. Simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.


Benarkah kurma bisa meningkatkan suplai ASI Bunda?

ASI dikenal sebagai makanan bayi alami yang sempurna. ASI mengandung antibodi penambah kekebalan tubuh dan enzim sehat yang disepakati para ilmuwan membawa banyak manfaat kesehatan untuk bayi.

Banner Anak Siti KDI DibullyBanner Anak Siti KDI Dibully/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Melansir dari laman Berkat Madinah, banyak ahli medis, termasuk dari American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obestetricians and Gynecologists, sangat merekomendasikan menyusui secara eksklusif tanpa susu formula, jus, atau air putih selama 6 bulan.

Setelah pengenalan makanan lain, dianjurkan untuk terus menyusui selama tahun pertama kehidupan bayi.

ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi. Ini memiliki campuran yang hampir sempurna antara protein, vitamin, lemak, dan semua yang dibutuhkan Si Kecil untuk tumbuh. Kurma adalah sumber mineral yang baik seperti zat besi, kalsium, natrium fosfor, magnesium, kalium, dan seng.

Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, Vitamin A, B6, dan Vitamin K. Kurma juga merupakan sumber gula, dan serat yang baik.

Ramadan concept with dried dates and lantern.5 variasi olahan kurma sebagai ASI booster / Foto: Getty Images/iStockphoto/Adil Alizada

Gula sederhana, termasuk fruktosa dan dekstrosa yang ada di dalam kurma matang diketahui memberikan energi instan.  Nutrisi ini dapat membantu menyeimbangkan diet bayi yang sedang tumbuh dan melengkapi nutrisi dari ASI.

Tidak hanya dalam bentuk buah, Bunda juga bisa mengonsumsi kurma dalam berbagai macam olahan. Variasi olahan kurma apa saja yang bisa Bunda buat untuk dijadikan ASI booster? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang 5 ASI booster alami terbaik:

[Gambas:Video Haibunda]





5 VARIASI OLAHAN KURMA UNTUK ASI BOOSTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!