sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Air Rendaman Kurma Bisa Jadi ASI Booster Ibu Menyusui?

Annisa Karnesyia Minggu, 06 Jun 2021 11:45 WIB
Air rendaman kurma caption
Jakarta -

Buah kurma sudah dikenal memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, Bunda. Buah asal Arab Saudi ini juga dipercaya bisa menjadi ASI booster lho.

Secara khusus, kurma mengandung polifenol yakni senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Selain itu, kurma tinggi serat dan kalium yang bisa menjaga kesehatan jantung.

Kurma juga merupakan camilan tepat bagi Bunda yang ingin mengurangi asupan gula. Indeks glikemik di buah ini rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan.


Mengutip Sanford Health, buah kurma dapat bermanfaat bagi Bunda yang menyusui. Kurma bisa meningkatkan hormon prolaktin yang berfungsi memberi tahu tubuh untuk memproduksi ASI.

Banner Raeni

Selain bentuk buah, air rendaman kurma yang disebut air Nabeez juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan. Dalam istilah modern, konsepnya mirip dengan infused water.

Nah, air Nabeez ini juga diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Bunda dapat mengonsumsinya selama menyusui karena kandungannya cukup aman. Namun, bila ragu, Bunda bisa konsultasikan ke konselor laktasi ya.

Dilansir detikcom, jenis kurma yang biasa digunakan untuk air Nabeez adalah ajwa, tunisia, dan rutabh atau kurma muda. Untuk membuat air rendaman kurma ini pun cukup mudah.

Bunda bisa menuangkan air matang ke dalam sebuah wadah. Kemudian, masukkan beberapa buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam wadah tersebut.

Selanjutnya, koyak buah kurma agar sari buah keluar dan menyebar bercampur dengan air. Tutup wadah dengan rapat dan diamkan selama 8 hingga 12 jam. Air Nabeez bisa langsung diminum sebagai ASI booster, Bunda.

Lalu apa saja kandungan air rendaman kurma yang bermanfaat untuk menyusui ya? Baca halaman berikutnya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENELITIAN TENTANG AIR RENDAMAN KURMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi