sign up SIGN UP search


menyusui

Kunci agar ASI Melimpah bagi Ibu Menyusui yang Memiliki Payudara Kecil

Meita Fajriana Rabu, 30 Jun 2021 14:05 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Banyak anggapan bahwa ukuran payudara berpengaruh pada produksi Air Susu Ibu (ASI). Ketika Bunda memiliki payudara kecil atau kempes artinya jumlah ASI sedikit. Faktanya, hal ini adalah mitos jadi jangan khawatir lagi ya, Bunda. Hampir semua perempuan bisa menyusui dan memproduksi ASI yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil Bunda. 

Melansir dari laman Very Well Family, jumlah ASI tidak bergantung pada ukuran dan bentuk payudara. Ukuran payudara Bunda sangat tergantung pada seberapa banyak lemak yang dikandungnya, bukan jumlah alveoli atau jaringan pembuat susu di dalamnya. 

Perempuan dengan payudara yang lebih besar memiliki lebih banyak lemak di payudaranya, tetapi tidak selalu memiliki jumlah alveoli yang lebih banyak Bunda. Sementara untuk Bunda dengan payudara kecil dapat menghasilkan cukup ASI.


Meskipun payudara kecil tidak dapat menampung ASI sebanyak perempuan dengan payudara besar. Payudara kecil seperti wadah kecil, jadi tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Untuk itu, jika Bunda memiliki payudara kecil, perlu untuk menyusui lebih sering. 

"Produksi ASI bergantung pada permintaan. Untuk memastikan payudara Anda terus memproduksi ASI yang cukup untuk bayi Anda, sering-seringlah menyusui. Bayi baru lahir menyusui lebih banyak, kira-kira setiap satu hingga tiga jam atau setidaknya delapan hingga dua belas kali sehari," kata Meredith Shur, MD, FACOG, dokter kandungan di New York.

Sangat penting untuk menyusui sesuai permintaan bayi dibandingkan mengikuti jam atau jadwal. Saat Bunda menyusui bayi sesuai permintaan, meskipun setiap jam, hal ini akan membantu memastikan Si Kecil mendapatkan cukup ASI.

Lihatlah tanda-tanda bahwa bayi Bunda mendapatkan cukup ASI salah satunya dengan mengamati popok basah bayi. Selain itu bawa anak Bunda ke dokter anak secara berkala dan jadwal yang teratur sehingga dapat memantau pertumbuhan bayi Bunda. Jika berat badan anak Bunda bertambah dengan baik, itu tanda terbaik bahwa Bunda menghasilkan cukup ASI. Jadi jangan khawatir meski memiliki payudara kecil.

Simak penjelasan selengkapnya di halaman berikut!

Bunda, aman nggak sih ukuran kanan dan kiri berbeda ukuran? Simak penjelasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PAYUDARA KECIL YANG BUTUH PERAWATAN DOKTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi