sign up SIGN UP search


menyusui

3 Mitos Menyusui, Salah Satunya Bikin Bayi Manja

Meita Fajriana Sabtu, 05 Jun 2021 11:56 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Jakarta - Banyak sekali mitos seputar pola pengasuhan anak nih, Bunda. Tak terkecuali soal menyusui bayi baru lahir.

"Payudara harus dicuci sebelum menyusui". Mungkin Bunda sudah sering mendengarkan perkataan-perkataan seperti ini dan sejenisnya. Ternyata hal ini tidak memiliki bukti medis yang mendasar atau kita bisa sebut mitos lho Bunda. 

Jangan sampai terjebak mitos, Bunda, agar tak salah kaprah dalam memberikan ASI untuk Si Kecil. Untuk lebih jelasnya, kita bahas apa saja mitos tentang ibu menyusui. 


Melansir dari website resmi UNICEF, ada banyak sekali mitos-mitos tentang ibu menyusui. Mulai dari harus mencuci payudara sebelum bayi menyusu hingga keadaan yang tidak boleh dilakukan karena dirasa akan mempengaruhi rasa ASI. 

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

"Ada begitu banyak mitos seputar menyusui sehingga sulit bagi para perempuan untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak," kata Wendy Haldeman, RN, MN, konsultan laktasi bersertifikat dan salah satu pemilik The Pump Station, pusat dukungan menyusui di Santa Monica, California dikutip dari laman Parents.

Untuk membantu Bunda menemukan mitos tentang menyusui, berikut Bubun rangkum deretan mitos tentang menyusui, simak yuk Bunda:

1. Payudara sakit saat menyusui adalah hal yang wajar

Rasa sakit adalah tanda bahwa mulut bayi tidak menempel dengan benar ke payudara atau pelekatan tidak baik. Alih-alih hanya berfokus pada puting, bayi seharusnya membuka lebar mulutnya, menarik puting dan payudara jauh ke dalam mulutnya, menggunakan rahang dan lidahnya untuk mengisap susu dari payudara Bunda. Jika sudah benar seperti ini, harusnya Bunda tidak merasakan sakit, dibanding ketika bayi hanya mengisap puting. 

Dengan sedikit waktu dan kesabaran, Bunda dan Si Kecil akan melakukannya dengan benar. Jadi tidak ada lagi alasan ketika sakit saat menyusui adalah hal yang wajar ya Bunda, cari tau masalahnya dan terus lakukan pelekatan yang benar.

 Simak mitos menyusui lainnya di halaman berikut!

Simak juga yuk tips mengatasi puting lecet saat dalam masa menyusui seperti penjelasan video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PAYUDARA KECIL HASILKAN ASI SEDIKIT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi