sign up SIGN UP search


menyusui

Jangan Menyerah Bun, Tetaplah Menyusui Meski Sedang Positif COVID-19

Zika Zakiya Senin, 02 Aug 2021 11:55 WIB
Ibu menyusui Covid-19 caption
Jakarta -

Dalam rangka merayakan Pekan ASI Sedunia, Komunitas Ibu Canggih menggelar DigiFest Pekan ASI Sedunia bersama @Ibu2Canggih pada 1 - 7 Agustus 2021. Dalam event ini, akan dibahas berbagai isu, fakta, dan mitos seputar ASI, termasuk menjawab berbagai tantangan menyusui selama masa pandemi.

Saat ini, salah satu isu yang sering ditanyakan oleh ibu menyusui (busui) adalah aman atau tidaknya imunisasi COVID-19 dan dampaknya bagi kualitas ASI mereka. Faktanya, busui sangat disarankan melakukan imunisasi COVID-19.

Karena, bukan hanya aman, antibodi yang diproduksi oleh ibu sebagai respon terhadap vaksin juga bisa ditransfer ke tubuh bayi melalui ASI yang diminumnya sehingga Si Kecil turut mendapatkan manfaat.


Banner Potret Rumah Tengah Hutan Bule JermanFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

"American Journal of Obstetrics and Gynecology (AJOG) sudah mempublikasikan penelitian yang mengatakan bahwa imunisasi COVID-19 ini bukan hanya aman untuk ibu menyusui, namun juga memiliki manfaat untuk bayinya karena antibodi yang diproduksi oleh tubuh ibu sebagai respon imun terhadap vaksin ditemukan juga pada ASI yang diminum bayi. Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan para ibu menyusui untuk diimunisasi dengan vaksin yang

saat ini sudah tersedia di Tanah Air," kata Dr Caessar Pronocitro Sp.A, M.Sc dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya dalam Konferensi Pers 'Serba-Serbi Menyusui di Tengah Pandemi' di akun @Ibu2Canggih, Minggu (1/8).

Untuk merek vaksin yang aman untuk ibu menyusui, tidak ada spesifikasi khusus. Berdasarkan penelitian, lanjut Dr Caessar, ibu yang masih menyusui bayi dan anaknya dapat tetap menerima vaksinasi COVID. Baik dengan merek Sinovac, Sinopharm, Pfizer, Astra-Zeneca, Moderna, maupun Johnson and Johnson.

Tetap menyusui, meski positif COVID

Dalam diskusi yang disiarkan langsung melalui Live Instagram @Ibu2Canggih tersebut, Dr Caessar juga menegaskan bahwa ibu yang berstatus suspect maupun telah terkonfirmasi positif COVID-19 pun tetap dapat menyusui bayinya. Hal ini didasarkan oleh rekomendasi World Health Organization mengingat besarnya manfaat ASI bagi bayi itu sendiri.

"WHO merekomendasikan ibu dengan status tersangka (suspect) atau terkonfirmasi COVID tetap menyusui atau memberikan ASI pada anak. Ini didasarkan atas berbagai penelitian yang mengatakan ASI memberi sangat banyak manfaat untuk bayi, seperti nutrisi, antibodi, maupun terjalinnya ikatan antara ibu dan anak yang terbentuk selama proses menyusui. Manfaat ini jauh melebihi potensi risiko penularan," tambah Dr Caessar.

Kendati demikian, ibu yang berstatus suspect atau terkonfirmasi positif COVID-19 harus melakukan protokol kesehatan yang tepat saat menyusui bayi atau anak. Beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

- Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyentuh bayi atau memerah ASI (baik dengan tangan maupun alat bantu pompa ASI). Apabila sabun dan air mengalir tidak tersedia, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

- Mengenakan masker saat berada dalam jarak kurang dari 1,5 meter dari bayi dan anak, termasuk saat menyusui ataupun memerah ASI.

- Membersihkan dan menyanitasi alat bantu pompa ASI.

Dr Caessar juga menekankan pentingnya pola hidup sehat dijalankan oleh ibu menyusui, seperti makan makanan bergizi dan terhidrasi dengan baik. Jika Bunda memiliki pertanyaan atau keluhan seputar menyusui saat berstatus suspect maupun terkonfirmasi positif, silakan menghubungi dokter atau berkonsultasi lewat telemedicine.

Bagi Bunda menyusui yang sedang menjalani isolasi mandiri bersama buah hati, Bunda bisa bergabung dalam Komunitas Ibu Canggih. Komunitas virtual @Ibu2Canggih ini berisi ribuan Bunda dari seluruh Indonesia dan dapat menjadi sarana untuk menumpahkan isi hati sekaligus mencari solusi berdasarkan pengalaman dan rekomendasi Ibu-Ibu lainnya.

"Untuk bergabung dalam Komunitas Ibu Canggih, Ibu dapat mengunjungi akun Instagram kami @Ibu2Canggih, kemudian klik link di bio ya," ujar Leader Komunitas Ibu Canggih @Ibu2Canggih, Amaranggana.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!