sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Bangunkan Bayi yang Tertidur saat Menyusu, Kenali Juga Tanda Sudah Kenyang

Ummu Kultsum Roihaanah   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 18:30 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Menyusui tentu jadi momen yang paling menyenangkan sekaligus mendatangkan tantangan tersendiri bagi Bunda. Salah satu tantangan yang kerap muncul saat menyusui yaitu bayi tertidur saat menyusu. Apakah Si Kecil juga sering tertidur saat disusui?

Melansir dari Health Line, bayi baru lahir biasanya akan merasa sangat mengantuk selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Di awal kelahirannya, Si Kecil memang sulit untuk tetap terjaga. Hal tersebut dikarenakan, bayi sedang menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan penyesuaian ini dapat sangat melelahkan baginya. 

Tidak hanya itu, bayi juga masih belum memiliki kontrol atas waktu siang dan malam yang teratur dan menyebabkan mereka banyak tidur di siang hari ketika Bunda hendak menyusuinya.


Meskipun menjadi salah satu hal yang dianggap wajar ketika bayi tertidur saat menyusu, seorang konsultan laktasi Ottawa bernama Beth McMillan mengatakan bahwa ada kalanya kondisi tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Ada kalanya kondisi itu baik-baik saja, tapi bisa saja menjadi masalah," kata McMillan, dilansir Today's Parents.

"Bayi menyusu secara efektif pada awalnya, namun terkadang mereka tertidur saat menyusu meskipun mereka belum mendapatkan banyak ASI," sambung McMillan.

Bayi mungkin tertidur setelah menyusu dalam waktu singkat karena mereka mudah lelah, atau mereka mungkin berhenti karena merasa frustrasi tidak mendapatkan ASI yang cukup, dan mereka memutuskan untuk pergi tidur. 

Orang tua sering diberi tahu bahwa ketika bayi tertidur saat menyusu itu menandakan bahwa bayi kenyang. Namun, terkadang pada kenyataannya justru berat badan bayi tidak bertambah dan mungkin suplai ASI mereka mulai berkurang sebagai akibatnya.

Lebih lanjut McMillan mengungkapkan, banyak ibu menyusui yang tidak mengetahui bahwa kondisi ini dapat menjadi sebuah masalah. Satu bayi dapat menyusu selama lima menit dan merasa kenyang, sementara yang lain dapat menyusu selama 20 menit dan tertidur, tetapi pada kenyataannya tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Untuk dapat mengetahui bahwa Si Kecil tetap mendapatkan cukup ASI meskipun mereka tertidur saat menyusu, Bunda bisa memperhatikan tanda-tanda berikut ini. 

  1. Bayi mulai menyusu dengan mata terbuka dan fokus.
  2. Setelah menyusu dalam waktu singkat, bayi tampak beberapa kali menelan, atau setidaknya setelah beberapa kali menyusu.
  3. Payudara terasa lebih lembut dan tidak terlalu penuh saat akhir menyusui.
  4. Jika bayi tertidur di dada, tangannya akan terbuka dan rileks serta lengannya terkulai lemas. Namun, jika tangannya  justru mengepal atau wajahnya terlihat tegang, itu menunjukkan bahwa bayi mungkin masih lapar.

Saat Bunda takut Si Kecil kurang ASI karena lebih sering tertidur saat disusui, coba cara berikut untuk membangunkannya. Klik halaman selanjutnya!

Bunda, apakah Si Kecil melakukan salah satu hal ini saat disusui? Klik video di bawah ya untuk mengetahui kebiasaan bayi saat disusui:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MEMBANGUNKAN SI KECIL YANG TERTIDUR SAAT MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!