sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Bayi Cukup ASI, Perhatikan Si Kecil Bun

Meita Fajriana Senin, 20 Sep 2021 15:20 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption

Pada awal menyusui sebagian besar Bunda khawatir bayi akan kurang Air Susu Ibu (ASI). Hal ini dikarenakan perlekatan yang belum baik hingga produksi ASI yang belum maksimal.

Namun, jangan khawatir berlebihan hingga membuat stres ya Bunda. Bunda bisa kok mencari tahu tanda bayi cukup ASI. Apa saja tanda-tandanya? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman Parents, kabar baiknya, kebanyakan wanita menghasilkan cukup ASI untuk menyusui bayi mereka dengan sukses. Diperkirakan hanya sekitar 5 sampai 15 persen dari semua ibu menyusui yang benar-benar memiliki suplai ASI yang rendah.


Namun tetap penting untuk yakin Si Kecil mendapatkan cukup ASI. Berikut lima tanda bayi cukup ASI yang bikin Bunda tenang, dilansir dari laman VeryWellFamily.

1. Bayi terlihat menelan

Saat bayi Bunda pertama kali menempel ke payudara, ia akan mengisap dengan cepat, yang membantu mengeluarkan ASI. Kemudian dilanjutkan gerakan menarik yang dalam dan lambat saat dia menelan. Bunda tidak hanya merasakan gerakan ini, tetapi juga melihat rahangnya turun dan mendengarnya saat dia melakukan ini. 

Jika bayi Bunda tidak mendapatkan cukup ASI, biasanya Bunda melihatnya mengisap dengan cepat tetapi tidak menelan dengan lambat dan berirama. Si kecil juga lama saat menyusu atau berulang kali tertidur di payudara Bunda.

Ciri bayi cukup ASICiri bayi cukup ASI/ Foto: Mia Kurnia Sari

2. Bayi puas

Jika bayi Bunda tampak puas dan cukup ASI setelah selesai menyusu, kemungkinan besar semuanya akan baik-baik saja. Anak Bunda tampak puas setelah menyusui dan tidur di antara waktu menyusui. 

Tetapi beberapa bayi yang tampak terlalu lesu atau sebaliknya yang terus-menerus menangis minta menyusu hal ini bisa saja tanda Si Kecil tidak mendapat cukup ASI. 

"Jika bayi banyak menyusu yang berlangsung lebih dari satu jam atau ingin menyusu sangat sering, dengan jeda kurang dari satu jam di antara waktu menyusui, mungkin ada masalah," kata Susan Burger, MHS, Ph.D., IBCLC, seorang konsultan laktasi yang berbasis di New York dikutip dari laman Parents, Jumat (17/9/2021).

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



POPOKNYA PENUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!