sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Melepas Isapan Bayi yang Tertidur Saat Menyusu Tanpa Membangunkannya

Annisa Karnesyia Rabu, 11 Aug 2021 19:50 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Bayi tertidur saat menyusui adalah hal wajar. Meski anak tertidur pulas, Bunda enggak boleh sembarangan menyudahi sesi menyusui ya.

Bayi yang tertidur saat disusui bisa disebabkan pola tidur yang baru diadaptasinya. Tapi, ada kalanya bayi tertidur saat menyusu karena lelah. Padahal, bisa saja bayi belum kenyang atau mendapatkan banyak ASI.

"Ada saatnya itu baik-baik saja, tapi bisa saja menjadi masalah. Bayi menyusu secara efektif pada awalnya, namun terkadang akan tertidur sambil menyusu meskipun mereka belum mendapatkan banyak ASI," kata konsultan laktasi Beth McMillan, dilansir Today's Parents.


Secara umum, ketika bayi menyusu dengan cara yang benar, areola atau bagian berwarna gelap di puting payudara Bunda akan masuk ke mulutnya. Pelekatan yang kuat akan memudahkan bayi menyusu dan membuat kita mudah mengeluarkan ASI.

Ketika bayi selesai menyusu dan bersiap berpindah payudara, mereka biasanya membuka mulut dan melepaskan payudara Bunda. Tapi, ada saat di mana bayi tak mau melepaskannya meski sesi menyusu di satu payudara sudah berakhir. Ada kalanya juga mereka tertidur sehingga tak bisa melepaskan isapan di puting Bunda.

Dalam kondisi tersebut, Bunda mungkin perlu membantu bayi melepaskan isapannya. Caranya harus tepat agar dia tak menjadi marah atau terbangun dari tidur ya.

Namun, Bunda perlu memastikan dulu bayi sudah cukup ASI sebelum melepaskan pelekatan. Jangan sampai kita menghentikan sesi menyusu secara mendadak, padahal Si Kecil belum kenyang.

Mengutip Very Well Familly, saat kita siap untuk melepaskan isapan bayi, kita tidak boleh menariknya secara mendadak. Teknik ini tak cuma membuat bayi kaget, tapi juga bisa merusak kulit di sekitar puting dan areola Bunda.

Bayi juga memiliki naluri alami untuk tidak melepaskan isapan, misalnya dengan menggigit puting. Akibatnya justru dapat menyebabkan masalah pada puting.

Lalu bagaimana cara melepaskan isapan bayi yang tertidur saat menyusui ya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI turun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA TEPAT LEPAS ISAPAN BAYI TIDUR SAAT MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!