sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Bangunkan Bayi yang Tertidur saat Menyusu, Kenali Juga Tanda Sudah Kenyang

Ummu Kultsum Roihaanah   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 18:30 WIB
5 CARA MEMBANGUNKAN SI KECIL YANG TERTIDUR SAAT MENYUSU
Asian mother holding a 1.5-month-old child, leaning over her shoulder caption

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat Bunda lakukan untuk membangunkan bayi yang tertidur saat menyusu, melansir  dari Health Line:

1. Berpindah sisi

Jika Si Kecil sering tertidur saat menyusu, Bunda dapat mencoba teknik yang disebut dengan beralih menyusui. Ini sesederhana kedengarannya, yaitu segera setelah bayi mulai tertidur, Bunda dapat mencoba mengalihkannya ke sisi lain. 

2. Lakukan kompresi

Bayi mungkin mengantuk saat aliran ASI melambat. Wajar jika terdapat saat-saat di mana selama sesi menyusui ketika ASI mengalir lebih cepat. Namun, saat Bunda kelelahan dapat membuat aliran ASI melambat. Tetapi beberapa bayi menjadi frustrasi ketika ini terjadi dan cenderung pingsan.


Bunda dapat membantu agar ASI kembali mengalir dengan melakukan sesuatu yang disebut kompresi payudara. Caranya yaitu dengan menggunakan tangan lalu pegang bagian samping payudara, buat bentuk C dengan tangan. Kemudian remas dengan lembut. 

Setelah itu, Bunda akan merasakan isapan bayi menjadi lebih aktif saat ASI mulai mengalir.

3. Gelitik jari-jari kaki

Stimulasi lembut pada indera bayi dapat membangunkannya. Coba gelitik jari-jari kaki mereka, gerakkan jari-jari Bunda ke atas dan ke bawah lengan mereka, atau putar-putar jari Bunda di sekitar bagian atas kepala mereka.

4. Periksa pelekatan dengan baik

Jika bayi tidak menempel dengan baik, mereka mungkin tidak bisa mendapatkan cukup ASI. Pelekatan yang baik dapat dilihat dengan cara mulut bayi terbuka lebar dan mereka mengambil sebagian besar areola. 

Namun, jika Bunda tidak yakin bahwa Si Kecil memiliki pelekatan yang baik, pertimbangkan untuk menghubungi konsultan laktasi agar mendapatkan bantuan.

5. Skin to skin

Memiliki waktu untuk skin to skin dengan Si Kecil merupakan cara yang bagus untuk membangunkan mereka untuk menyusu. Pakaikan bayi hanya dengan popok saja dan tempatkan mereka dari perut ke perut bersama Bunda. Ini memungkinkan Si Kecil untuk memanfaatkan naluri mereka yang baru lahir, yang meliputi mencari dan menemukan payudara.

Nah, saat Si Kecil lebih sering tertidur saat disusui, coba cara di atas ya, Bunda!

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!