sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Minum Kopi untuk Busui agar Bayi Nggak Rewel dan Susah Tidur

Meita Fajriana Jumat, 21 May 2021 17:27 WIB
Caucasian young woman sits in a deck chair at the table, drinks coffee and holds the baby in her arms. Summer day in the city. Lifestyle portrait of mother with baby. caption

Jakarta - Saat hamil, Bunda pastinya sebisa mungkin menghindari makanan yang memiliki efek samping untuk bayi di kandungan. Nah, setelah melahirkan tentunya ingin mengakhiri 'puasa' makanan tersebut kan. 

Namun, Bunda perlu mencari tahu nih, apakah semua makanan yang aman dikonsumsi aman untuk bayi. Ya, sebagai Bunda menyusui, memang harus lebih selektif memilih makanan agar tidak memengaruhi ASI yang akan diberikan ke bayi.

Salah satu minuman yang sering membuat Bunda ragu adalah kopi. Kopi mengandung kafein yang memiliki efek samping baik untuk Bunda yang menyusui dan si kecil. Namun ternyata minum kopi saat menyusui aman asalkan dikonsumsi dalam batas yang wajar. 


Melansir dari situs Whattoexpect,  ibu menyusui aman mengonsumsi kopi dalam batasan yang cukup. Untuk ibu menyusui batasan minum kopi berkisar 200-300 mg atau setara satu cangkir perharinya. Ini merupakan jumlah yang aman, sehingga Bunda tidak perlu khawatir lagi mengonsumsi kopi atau harus terpaksa menghilangkan kebiasaan ngopi Bunda. 

Jika ingin minum kopi, usahakan jangan berdekatan dengan waktu menyusui Si Kecil ya, Bunda. Berikan jeda waktu setidaknya dua jam sebelum menyusui. Hal ini agar kadar kafein yang terdapat dalam ASI sudah semakin berkurang dan tidak banyak terhisap bayi. 

Bunda juga bisa memperhatikan reaksi bayi. Apakah setelah menyusui bayi merasa tidak nyaman atau muncul gejala alergi seperti kemerahan. Meski minum kopi saat menyusui tidak memberikan efek yang serius pada bayi, namun Bunda tetap perlu memantau Si Kecil dan terus waspada. Segera konsultasikan ke dokter jika berdampak buruk pada bayi ya Bunda. 

"Masing-masing bayi berbeda. Bayi yang satu bisa lebih cepat mencerna kafein dari bayi lainnya. Bayi newborn akan lebih lama mencerna kafein dibandingkan bayi yang lebih besar. Sesuaikan pada kondisi bayi jika ingin tetap minum kopi," kata Sabrina Easterling konsultan laktasi di San Fransisco dikutip dari laman BabyCenter. 

 Lalu, apakah ada tips lain yang harus Bunda perhatikan? Simak di halaman selanjutnya!

Simak juga yuk tips membersihkan lidah putih pada bayi baru lahir dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK SAMPING YANG DIRASAKAN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi