menyusui

ASI Keluar Sebelum Bayi Lahir, Normal Nggak Sih?

Yuni Ayu Amida Jumat, 01 Feb 2019 11:01 WIB
ASI Keluar Sebelum Bayi Lahir, Normal Nggak Sih?
Jakarta - Sebagian wanita mungkin pernah mengalami ASI keluar sebelum anaknya lahir. Sebagian lagi malah sebaliknya, ASI tidak keluar walaupun sudah melahirkan. Kira-kira apa ya penyebabnya? Simak penjelasan ahli ini, Bun.

Spesialis Gizi Klinis dr Diana F. Suganda, M.Kes., Sp.GK menuturkan, ASI yang keluar sebelum bayi lahir itu normal. Kata Diana, ASI memang sudah diproduksi saat kehamilan 6 - 8 bulan.

"ASI itu sudah diproduksi di badan dari kita hamil umur 6 - 8 bulan. Kelenjar mammae itu sudah memproduksi ASI, cuma masih di belakang, masih di kelenjar, belum maju ke depan," tutur Diana kepada HaiBunda, Rabu (31/1/2019).



Diana memaparkan, terkadang saat hamil besar, di ujung puting akan keluar lemak berwarna putih. Nah, itu sudah harus mulai dibersihkan Bun, agar jalur ASI nantinya lancar.

"Pada saat membersihkan payudara, cuma pakai tangan bersih, kasa bersih, air bersih, dilap kecil saja, tapi putingnya nggak boleh terlalu dirangsang, dipegang terus, takutnya malah kontraksi," jelas Diana.

Ilustrasi ibu menyusui/ Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: thinkstock
Lalu, bagaimana dengan ibu yang sudah melahirkan, namun ASI tak kunjung keluar?

"Bisa karena ibunya masih lelah, asupannya masih kurang, isapan bayinya masih kurang, faktornya macam-macam," jawab Diana.

Diana juga mengungkapkan bahwa ketika hamil anak kedua, ketiga, dan seterusnya, ASI lebih mudah keluar karena jalur menyusuinya sudah pernah dipakai. Berbeda dengan hamil dan menyusui anak pertama, jalur menyusui masih harus dirangsang agar bisa keluar.

"Butuh isapan bayi, tapi bayi newborn kan masih banyak tidur. Jadi banyak faktor, asupan si ibu belum bagus, ibunya masih proses recovery dari rumah sakit, belum sempat makan dan lain-lain," tutup Diana.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi