sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Tersumbat? Minta Ayah Lakukan Pijat Laktasi di 5 Titik Ini ya Bunda

Bella Barliana Senin, 15 Nov 2021 19:13 WIB
High angle shot of a happy mother and father bonding with their baby boy at home Ilustrasi Ayah dan Bunda/Foto: iStock

Jakarta - Menyusui adalah proses alami yang diberikan seorang Bunda kepada buah hatinya sejak lahir hingga 2 tahun. Dalam perjalanannya pun, banyak Bunda yang mengalami suka dan duka saat menyusui. 

Maka itu, agar proses menyusui lancar dan mudah hingga Si Kecil sudah bisa disapih, peran Bunda saja tak cukup untuk bisa menyukseskannya. Seorang Ayah atau pasangan juga bisa melakukan banyak hal untuk membantu proses menyusui.

Salah satu yang bisa Ayah lakukan yaitu memberikan pijatan kepada Bunda agar merasa lebih rileks dan segar sehingga tubuh selalu siap menyusui dan pasokan ASI juga akan mengalir deras.


Tidak seperti pijat biasa, Ayah bisa mempelajari teknik pijat laktasi yang berfokus pada titik-titik di tubuh Bunda yang pada akhirnya membuat produksi ASI lancar dan terhindar dari kondisi yang menyulitkan saat menyusui, seperti mastitis.

"Bila seorang ibu sering menderita saluran tersumbat atau mastitis, pijat laktasi bisa membantu mengatasinya," kata Natasha Chinn, seorang obgyn di New Jersey, dikutip dari Parents.

Lalu, bagaimana cara melakukan pijat laktasi dan apa yang membedakannya dengan pijat biasa? Pijak laktasi memang pastinya berfokus pada payudara, tapi untuk memperlancar menyusui juga bisa dilakukan pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Pijat ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh Bunda, tapi untuk mendapat manfaat maksimal Bunda bisa meminta bantuan Ayah. Lalu, titik pijat apa saja ya yang bisa membantu Bunda mengatasi kesulitan dalam menyusui?

Dilansir dari Get Boober, berikut adalah lima titik pijat laktasi dari Ayah agar Bunda lancar menyusui. Simak selengkapnya di sini, Bunda.

Banner Manfaat Air MawarBanner Manfaat Air Mawar/ Foto: HaiBunda/Mia

1. Titik kandung empedu

Titik kandung empedu adalah titik yang bisa memperlancar aliran darah, energi, dan semua cairan dalam tubuh. Untuk Bunda yang sedang menyusui, ini adalah titik yang bagus untuk mendukung pengeluaran susu.

Jika ingin melakukannya, Bunda bisa minta bantuan Ayah untuk memberikan tekanan pada titik tersebut selama 3 menit sebelum mulai menyusui. Jika merasa nyaman dan efektif, Bunda bisa memberi tahu Ayah untuk tetap melanjutkan tekanannya selama menyusui.

Titik ini juga bagus untuk melepaskan ketegangan punggung atas dan leher Bunda ketika merasa lelah. Ayah bisa memberikan tekanan ini menggunakan ibu jari, buku-buku jari, siku, atau lengan bawah.

Titik kandung empedu bisa ditemukan di tengah antara ujung bahu dan tulang belakang. Titik ini akan terasa lembut ketika disentuh.

2. Leher

Melakukan pijatan pada tengkuk leher juga dapat memengaruhi banyaknya produksi ASI pada Bunda postpartum, lho. Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 menunjukkan bahwa pijat leher bisa membuat Bunda lebih rileks.

Ketika Bunda merasa rileks, hormon oksitosin juga akan meningkat dan menghasilkan peningkatan volume air susu pada ibu yang sedang masa pemulihan persalinan. Peneliti menyarankan, waktu terbaik untuk melakukan pijat leher adalah sebelum menyusui.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang 5 langkah pijat payudara untuk meningkatkan produksi ASI di bawah ini ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA BISA MINTA AYAH UNTUK MEMIJAT PUNGGUNG AGAR MENGURANGI PENYUMBATAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!