sign up SIGN UP search


menyusui

Pijat Laktasi untuk Atasi Mastitis, Seberapa Efektifkah?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 12 Dec 2021 09:40 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Pijat laktasi sering menjadi penyelamat para busui yang bermasalah dengan payudara dan kelancaran aliran ASI. Tetapi nih Bunda, memang seberapa efektif kah sebenarnya pijat laktasi untuk mengatasi mastitis?

Saat menyusui, perasaan rileks dan kelancaran menyusui memang penting ya, Bunda. Sebab, hal itu menjadi kunci sukses menyusui. Dengan aliran ASI yang lancar, bukan saja payudara yang selalu kosong dan terbebas dari mastitis, proses menyusui bayi pun berjalan lancar.

Mastitis selama ini memang menjadi risiko yang banyak dialami para busui. Kondisi mastitis atau payudara bengkak terutama dalam beberapa minggu pertama menyusui sebenarnya merupakan hal normal ya, Bunda.


Tetapi, jika kondisinya semakin meradang, sakit, bengkak, atau merah, dan Bunda merasa meriang atau seperti sedang flu, itu artinya kondisi serius dan tak bisa dibiarkan. Itulah yang dinamakan gejala mastitis, Bunda.

Meskipun biasanya terjadi pada beberapa minggu pertama menyusui, mastitis juga dapat terjadi kapan saja lho, Bunda, selama masa menyusui. Ini bisa terjadi karena pembatasan aliran susu, apakah itu dari saluran yang tersumbat, jarang menyusui, atau pelekatan yang buruk serta penggunaan bra ketat hingga dari infeksi yang masuk ke payudara melalui puting pecah dan masuk ke saluran susu.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Walau menjadi masalah serius, Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Karena, pijat laktasi untuk mastitis bisa menjadi penolong mengatasi kondisi tersebut ya, Bunda.

Jika Bunda merasakan ada bagian yang keras di payudara, sebaiknya memulai untuk memijatnya sesegera mungkin. Biasanya, ada benjolan kecil yang mungkin menjadi saluran yang tersumbat dan lebih mudah dibersihkan sebelum payudara menjadi terlalu besar, seperti dikatakan Tracy Hydeman, seorang bidan di Regina, Sask, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Konon, pijat menjadi kunci untuk membersihkan ASI yang tersumbat lho, Bunda. Sehingga, Bunda pun bisa mempraktikkannya untuk meredakan gejala mastitis yang sangat menyiksa.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang penyebab busui alami mastitis berulang di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



PIJAT LAKTASI UNTUK MASTITIS, SEBERAPA EFEKTIFKAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!