sign up SIGN UP search


menyusui

Pijat Laktasi Bagi Bunda Menyusui, Benarkah Bermanfaat?

Nanie Wardhani Jumat, 05 Mar 2021 08:16 WIB
Pijat laktasi tidak hanya melancarkan aliran ASI dan menghilangkan rasa sakit pada payudara yang bengkak, tapi juga dapat meningkatkan kualitas ASI Bunda. caption

Menyusui adalah sebuah proses yang alami, namun alami tidak serta merta bisa dikatakan mudah. Pada periode awal menyusui saat semua merupakan proses pembelajaran awal baik bagi bayi maupun bagi Bunda, tentu saja ada banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapi.

Masalah yang biasanya timbul pada periode ini adalah pembengkakan pada payudara Bunda, yang disebabkan oleh belum seimbangnya jumlah susu yang diproduksi dan jumlah susu yang mampu dikonsumsi oleh bayi. Ada salah satu periode dimana ASI yang diproduksi Bunda sudah cukup banyak, namun bayi Bunda masih belum bisa meminum semuanya karena kapasitas lambungnya yang masih sangat mungil. Hal ini dapat membuat payudara Bunda jadi bengkak dan sakit.

Satu-satunya jalan untuk melancarkan kembali ASI Bunda adalah dengan mengeluarkannya dari payudara Bunda. Bisa dengan menyusui bayi secara langsung, atau pun dengan dibantu oleh pompa ASI. Namun tidak hanya itu, kadang ada bagian-bagian kelenjar yang mengeras, yang jika tidak dikeluarkan maka lama-kelamaan bisa menyebabkan infeksi atau yang dikenal sebagai mastitis.


Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk melunakkan kelenjar yang mengeras dan melancarkan kembali saluran ASI Bunda adalah dengan melakukan pijat laktasi. Pijat laktasi adalah sebuah usaha memijat yang dapat dilakukan untuk membuat Bunda lebih nyaman saat menyusui. Selain melancarkan aliran ASI, pijat laktasi juga membantu meringankan bengkak, menghancurkan saluran kelenjar yang tersumbat dan meredakan rasa sakit yang ada di sekitar payudara Bunda.

Dikutip dari healthline.com, berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2004, ditemukan fakta bahwa pijat laktasi dapat meningkatkan kualitas ASI jika dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun setelah Bunda melahirkan. Bagian dari ASI yang mengalami peningkatan kualitas adalah kadar tingkat kepadatan ASI, lemak, konsentrasi kasein dan energi kotor.

Banner aglaonema

Jadi tidak hanya memberikan rasa nyaman kepada Bunda dan melancarkan ASI untuk kebutuhan bayi saja, tapi ternyata juga dapat meningkatkan manfaat dan kualitas dari ASI Bunda sendiri. Banyak juga ternyata manfaat pijat laktasi ya, Bunda.

Lalu bagaimana cara melakukan pijat laktasi yang benar? Yuk simak cara dan beberapa tips menyusui di halaman selanjutnya.

Simak juga informasi menarik lainnya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MUDAH LAKUKAN PIJAT LAKTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi