sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mudah Jadi Ayah ASI, Bantu Bunda Lancarkan Proses Menyusui

Bella Barliana   |   Haibunda Kamis, 11 Nov 2021 10:40 WIB
Ayah, jangan biarkan Bunda menanggung kesulitan menyusui sendiri. Cari tahu dukungan apa saja yang bisa diberikan agar Bunda bisa menyusui dengan lancar. caption

Jakarta - Memberikan ASI untuk Si Kecil memang tanggung jawab utama Bunda ketika baru melahirkan, tapi bukan berarti Ayah tidak memiliki peran apa pun. Apalagi, proses menyusui bukanlah hal yang mudah.

Terlebih, banyak perubahan yang Bunda alami setelah melahirkan sehingga bisa membuat emosi menjadi tidak stabil, merasa kesepian, stres, dan lebih sensitif. Oleh karena itu, Bunda perlu dukungan dari orang terdekat, terutama dari Ayah.

Dilansir dari Very Well Family, dukungan penuh kasih dari suami adalah salah satu faktor terpenting dalam keputusan seorang wanita untuk menyusui. Penelitian menunjukkan ketika seorang ibu mendapat dukungan dari suaminya, sangat mungkin ia akan berhasil dalam menyusui untuk jangka waktu yang lebih lama.


Semakin lama bayi menyusu, semakin besar manfaat kesehatannya bagi Si Kecil dan Bunda. Jadi, dengan memberikan dukungan penuh untuk menyusui, Ayah turut berinvestasi dalam kesehatan jangka panjang semua anggota keluarga, nih.

Dr Nigel Sherriff dari University of Brighton juga setuju mengenai hal ini, Bunda. Menurutnya, penting bagi seorang Ayah untuk terlibat dalam proses menyusui.

“Jika Anda mampu bekerja sama dalam proses menyusui dengan ayah, itu dapat berdampak nyata pada tingkat kelangsungan hidup, yang lebih baik untuk bayi dan lebih baik untuk ibu,” kata Dr Sheriff, dikutip dari Healthline.

Banner Manfaat Air MawarBanner Manfaat Air Mawar/ Foto: HaiBunda/Mia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 menunjukkan adanya kenaikan signifikan dalam tingkat menyusui hingga 6,4 persen pada kelompok dengan para Ayah menghadiri sesi menyusui.

“Bukti menyatakan bahwa bahkan sedikit intervensi dengan ayah dapat membuat perbedaan yang signifikan pada tingkat menyusui pada enam minggu dan seterusnya,” sambungnya.

Sekarang sudah setuju ya, kalau menyusui sebenarnya bukan hanya tanggung jawab Bunda, tapi dukungan dari Ayah juga berperan penting agar Bunda sukses memberikan ASI untuk Si Kecil. Lalu, peran apa saja sih yang bisa dilakukan Ayah?

Dilansir dari Very Well Family, berikut adalah beberapa hal yang bisa Ayah lakukan. Yuk, siap-siap dukung Bunda dengan berbagai cara di bawah ini.

1. Bersiap

Persiapan menyusui tak hanya dilakukan oleh Bunda, Ayah juga bisa melakukan persiapan dengan cara membaca banyak hal tentang menyusui dan semua hal yang berkaitan, seperti manfaat menyusui, prosesnya, efek samping, hingga asupan nutrisi untuk Bunda menyusui.

Ayah juga bisa lho mendaftar untuk kelas menyusui bersama Bunda sebelum kelahiran. Pada intinya, cari tahu sebanyak mungkin tentang menyusui. Semakin banyak yang Ayah tahu tentang menyusui, Ayah akan semakin memahami cara memberikan dukungan dengan tepat dan berperan dalam kesuksesan Bunda ketika menyusui Si Kecil.

2. Jadi pendukung

Ayah, ketahuilah bahwa peran seorang suami sangat penting dalam keputusan Bunda untuk menyusui. Katakan bahwa Ayah percaya pada Bunda dan ingin membantunya dalam memberikan yang terbaik untuk buah hati.

Perlu diingat juga nih, menyusui adalah pengalaman belajar, terutama bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Ketika mengalami hari yang sulit karena menyusui, beberapa dorongan lembut dari suami adalah segalanya bagi ibu menyusui.

Memiliki sosok suami pendukung di sisinya dapat memberinya kepercayaan diri yang ia butuhkan untuk mulai menyusui dengan baik dan terus menyusui bahkan ketika keadaan sulit.

Klik baca halaman selanjutnya, yuk.

Simak juga video tentang 5 manfaat daun katuk, selain melancarkan ASI, juga bisa cegah obesitas.

[Gambas:Video Haibunda]



BERIKAN WAKTU AGAR BUNDA BERADAPTASI DENGAN PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BARUNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!