sign up SIGN UP search


menyusui

5 Jamu Pelangsing Ini Boleh Diminum Bunda Menyusui Lho

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 20 Nov 2021 17:58 WIB
5 PILIHAN JAMU PELANGSING UNTUK BUSUI YANG AMAN, BUNDA PILIH YANG MANA?
Ilustrasi ibu menyusui caption

Agar tetap aman dan penurunan berat badan yang diharapkan tetap didapatkan, Bunda dapat memilih rempah-rempah sebagai bahan dasar jamu pelangsing untuk busui yang aman.

Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dijadikan referensi ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Healthline:

1. Fenugreek

Rempah-rempah yang satu ini terbukti mengurangi nafsu makan dimana dapat mendukung program penurunan berat badan secara efektif. Bunda pun dapat menjadikan ini sebagai pilihan.


2. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang terbuat dari rimpang tanaman jahe berbunga. Sering digunakan dalam pengobatan tradisional, jahe juga diandalkan untuk obat alami berbagai macam penyakit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat membantu penurunan berat badan lho, Bunda.

3. Oregano

Oregano merupakan salah satu rempah yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Oregano mengandung carvacrol yang dalam salah satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa carvacrol dapat membantu menurunkan berat badan dan penambahan lemak dengan mengubah sintesis lemak dalam tubuh.

4. Gingseng

Ginseng merupakan tanaman alami dengan khasiat meningkatkan kesehatan yang sering dianggap sebagai bahan pokok pengobatan. Banyak penelitian juga menunjukkan kalau tanaman ginseng ini dapat menurunkan berat badan. 

Satu studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi ginseng dua kali sehari selama delapan minggu menghasilkan penurunan berat badan secara efektif.  Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ginseng memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

5. Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah aromatik yang kaya antioksidan dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa kayu manis dapat meningkatkan penurunan berat badan. Ini sangat efektif dalam menstabilkan gula darah yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Studi menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang ditemukan dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel untuk digunakan sebagai bahan bakar. Kayu manis juga dapat menurunkan kadar enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pemecahan karbohidrat. Sehingga, rempah ini dapat diandalkan untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!