sign up SIGN UP search


parenting

8 Manfaat Daun Miana untuk Kesehatan, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 22 Oct 2021 19:35 WIB
Ilustrasi teko teh caption

Miana atau tanaman dengan nama latin Coleus Blumei merupakan tanaman herba yang biasa dibudidayakan sebagai tanaman hias dan ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Bunda. Daun Miana biasanya berwarna kuning, hijau, merah muda, ungu dan merah tetapi yang paling umum dan paling banyak ditemui adalah yang berwarna ungu.

Warna-warna daun yang menarik inilah yang membuat banyak orang senang untuk memajang varietas itu di rumah mereka dan melengkapi koleksi tanaman mereka Dengan semakin banyaknya orang yang menyadari betapa penting dan efektivitasnya obat herbal atau jamu, maka mereka sekarang mencari lebih banyak pengetahuan dan informasi tentang cara menggunakan tanaman sebagai obat untuk penyakit yang umum didapat.


Menurut jurnal Disertasi Efek Ekstrak Daun Miana Ungu, tanaman miana memiliki kandungan minyak atsiri pada bagian daun dan batangnya. Selain itu juga mengandung fenol, lemak, phytosterol, kalsium oksalat, dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan inilah yang bisa membuat tanaman ini kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat dari tanaman hias ini juga disebutkan dalam sebuah jurnal yang berjudul Potential of Miana Leaf Extract as Expectorant. Beberapa manfaat dari tanaman ini di antaranya adalah:

  1. Bisa mengatasi wasir
  2. Membantu mengobati bisul
  3. Menurunkan demam dan menyembuhkan panas dalam
  4. Meringankan gejala batuk
  5. Mengatasi gangguan saat menstruasi
  6. Mengobati diabetes
  7. Mengobati sakit perut
  8. Mencegah radikal bebas

Selain itu, dalam pengobatan tradisional, Miana telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti pilek, batuk, demam, dan penyakit umum lainnya.

Berikut adalah beberapa penggunaan obat dari daun Miana dan cara mengonsumsinya yang paling umum ditemui: 

  1. Batuk: Masukkan daun segar dan bersih ke dalam teko air dan gunakan sebagai air minum setiap hari.
  2. Sakit kepala: Tumbuk daun Miana dan ambil ekstraknya. Usap perlahan ekstraknya tersebut ke daerah yang terass sakit untuk memberikan efek pendinginan pada kepala dan meredakan sakit kepala.
  3. Memar dan Bengkak: Tekan perlahan daun untuk mengeluarkan sedikit sarinya dan taruh di atas area memar atau bengkak.
  4. Anti radang: Gunakan proses yang sama seperti yang Bunda lakukan untuk obat batuk. Gunakan rendaman air daun Miana sebagai pengganti air minum Bunda setiap hari.
  5. Antioksidan: Daun Miana mengandung fitokimia khusus yang membantu melawan dan menghilangkan radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Minum air rendaman tanaman herbal Miana seperti saat membuat obat batuk dan anti radang.

Penggunaan medis lainnya

Miana memiliki sifat anti histamin dan anti asma

Ekstrak daun Miana telah ditemukan memiliki efek relaksan otot polos yang menurunkan resistensi saluran napas dan meningkatkan kapasitas volume udara di paru-paru. Ini juga mengurangi histamin - senyawa yang dilepaskan oleh sel sebagai respons terhadap reaksi alergi dan inflamasi yang mengakibatkan pelebaran kapiler dan kontraksi otot polos. Hal ini membuat daun Miana bermanfaat dalam mengobati asma yang berhubungan dengan alergi.

Demikian berbagai manfaat bagi kesehatan yang bisa diambil dan dimanfaatkan dari daun Miana, Bunda. Saat ini daun Miana juga sedang menjadi tren untuk menjadi tanaman hias, seiring dengan tren kegiatan hobi tanaman yang saat ini sedang menjalar ke mana-mana.

Jadi jika Bunda senang memelihara tanaman, tanaman Miana ini sebaiknya ada di salah satu koleksi Bunda, agar jika sewaktu-waktu membutuhkan ekstraknya untuk kesehatan maka Bunda tidak perlu repot mencari lagi dari tempat lain.

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!