sign up SIGN UP search


menyusui

Tempe Ternyata Bisa Bantu Lancarkan ASI lho, Begini Cara Mengolahnya untuk Busui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 06 Dec 2021 15:20 WIB
Tempe Mendoan with Kecap Manis, Indonesian food caption

Jakarta - Mengonsumsi cukup protein selama menyusui sangat penting untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati ya, Bunda. Tempe menjadi salah satu andalan makanan sehat yang bisa dijadikan asupan harian. Selain bergizi, pengolahannya pun sangat mudah kok.

Tempe merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kedelai yang telah difermentasi. Tempe memiliki tekstur yang kering dan keras namun kenyal. Bunda pun dapat memanfaatkannya sebagai konsumsi harian dengan berbagai pengolahan yang menghasilkan makanan lezat.

Tempe merupakan sumber protein sehat dan bernutrisi yang mengandung fosfor, magnesium, riboflavin, dan antioksidan, seperti dikatakan Velerie Agyeman, R.D, seorang ahli gizi, seperti dikutip dari laman Mbg.


"Ada begitu banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan jantung, tulang yang lebih kuat, dan pencernaan yang lebih baik," ujar Agyeman.

Selain itu, tempe juga diketahui mengandung vitamin B yang tinggi dan karena dikemas padat seperti balok, nutrisi tempe lebih padat daripada tahu.

Di sebagian besar masakan, tempe dapat menggantikan produk berbahan dasar daging dan cenderung mempertahankan bentuknya lebih baik daripada tahu. 

Agyeman sendiri merekomendasikan untuk mengolah tempe dengan cara diasinkan ataupun dipanggang seperti halnya daging. Oh ya, Bunda juga bisa menambahkannya dalam pizza, sandwich, tumis, pasta, atau semur.

Banner Tanaman Hias Pengusir NyamukBanner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk/ Foto: HaiBunda/Mia

Banyak resep yang bisa Bunda coba untuk menjadikan tempe asupan lezat yang membantu melancarkan ASI. Bunda juga dapat menyimak cara mengolah tempe untuk lancarkan ASI dengan melumat atau menghaluskannya sebelum dimasak. 

Dengan begitu, akan memungkinkan tempe yang diolah menyerap lebih banyak rasa seperti bumbu dan saus yang digunakan. Atau, cara mengolah tempe untuk lancarkan ASI yang sederhana bisa Bunda coba dengan mengukus atau merebusnya selama sekitar 10 menit.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang resep nugget tempe di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



BUKAN MAKANAN KALENG-KALENG, SIMAK MANFAAT TEMPE DAN CARA MENGOLAH TEMPE UNTUK LANCARKAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!