sign up SIGN UP search


menyusui

Apakah Tempe Bisa Jadi Makanan yang Efektif sebagai ASI Booster?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 11:10 WIB
Mengiris tempe tipis-tipis bisa jadi trik membuat gorengan renyah lebih tahan lama. Apakah Tempe Bisa Jadi Makanan yang Efektif sebagai ASI Booster?/Foto: Getty Images/iStockphoto/PicturePartners

ASI booster mungkin tak asing lagi bagi para pejuang ASI. Berbagai makanan dan minuman kerap dijadikan ASI booster. Termasuk tempe ASI booster yang banyak diandalkan busui. 

Tempe menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh ya, Bunda. Kandungan kedelai di dalamnya juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi ibu menyusui.

Ibu menyusui sendiri membutuhkan sekitar 71 gram protein setiap hari menurut Ohio State University. Angka ini tidak hanya mencakup protein yang dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh berfungsi normal tetapi juga protein tambahan yang memicu laktasi.


Selain itu, bayi yang diberi ASI juga membutuhkan protein ASI untuk perkembangannya, seperti dikutip dari laman Hellomotherhood.

Protein kedelai merupakan salah satu jenis protein nabati yang banyak digunakan masyarakat baik sebagai alternatif pengganti daging maupun untuk berbagai manfaat kesehatannya. Protein kedelai datang dalam bentuk kedelai, dan produk kedelai seperti tahu, tempat, ataupun bubuk protein kedelai yang bisa ditambahkan dalam makanan atau minuman.

Banner Cara Membuat Infused Water

Dalam Journal of Perinatal Education, protein kedelai merupakan satu-satunya sumber protein nabati dari kedelapan asam amino esensial. Asam amino merupakan bahan penyusun protein, dan jenis esensialnya ialah asam amino yang tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh.

Selain itu, sumber protein kedelai juga sering mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi ibu menyusui seperti kalsium, zat besi, dan serat. Secara umum, makanan yang mengandung kedelai sangatlah bermanfaat ya, Bunda.

Kedelai memang diketahui memiliki banyak manfaat, tetapi mungkin tidak selalu cocok untuk ibu menyusui. Beberapa ibu menyusui memiliki alergi kedelai. 

"Kedelai merupakan salah satu sumber alergi bayi yang lebih umum. Namun, bagi kebanyakan wanita yang makan kedelai secara teratur, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan,"ujar Kelly Bonyata, BS, IBCLC, seperti dikutip dari laman Kellymom.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips pola makan sehat busui denga perbanyak protein:

[Gambas:Video Haibunda]



TEMPE ASI BOOSTER, BISA PICU ALERGI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!