sign up SIGN UP search


parenting

2 Resep MPASI Finger Food dari Tempe, Mudah Dibuat dan Bernilai Gizi Tinggi

Annisa Karnesyia Rabu, 27 Oct 2021 17:20 WIB
Anak makan Ilustrasi Anak MPASI Finger Food/ Foto: iStock
Jakarta -

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sangat penting untuk bayi sejak usia 6 bulan. Untuk mengenalkan rasa, Bunda mungkin perlu membuat kreasi resep MPASI sesuai tekstur dan usia Si Kecil.

Memasuki usia 9 bulan, anak sudah bisa diberikan makanan cincang kasar hingga finger food lho. Sebab, di usia ini, anak sudah dapat menggigit makanan dengan tekstur lebih keras karena mulai tumbuh gigi.

Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), frekuensi pemberian makan usia 9 sampai 12 bulan adalah 3-4 kali makan, dengan 1-2 kali makanan selingan setiap hari. Setidaknya, jumlah MPASI yang diberikan adalah setengah mangkuk berukuran 250 ml.


Nah, selain dari mangkuk, Bunda bisa membuat kreasi finger food untuk mengusir rasa bosan Si Kecil nih. Selain buah dan sayuran, Bunda bisa mengolah tempe sebagai bahan finger food anak.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

Tempe adalah produk kedelai fermentasi yang tinggi protein, prebiotik, dan beragam vitamin dan mineral. Menurut Hindah Muaris dalam buku Resep untuk MPASI Finger Food Bebas Gluten, tempe mengandung protein dan seng yang tinggi, Bunda. Kedua zat ini sangat berperan untuk pertumbuhan anak.

Setidaknya dalam 100 gram (gr) tempe mengandung 0,1 tiamin, 0,4 miligram (mg) riboflavin, 2,6 persen niasin, 2,4 mikrogram folat, vitamin B6, dan sejumlah vitamin B12. Tempe juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

"Konsumsi tempe juga dapat mendukung kecerdasan karena mengandung asam lemak esensial, yakni asam oleat dan linolenat," kata Hindah.

Tempe bisa dikenalkan sebagai menu MPASI finger food anak ya, Bunda. Sejak dini, kita bisa mulai membiasakan anak makan tempe agar dia bisa menyukainya saat dewasa.

Selain digoreng basah, tempe juga bisa dijadikan biskuit untuk makan anak. Cara membuat resep ini cukup mudah dan cepat. Simak 2 resep tempe untuk finger food anak di halaman berikutnya ya.

RESEP TEMPE UNTUK FINGER FOOD: BISA DICAMPUR KEJU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!