sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Ternyata Mampu Kurangi Risiko Leukemia pada Anak Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 26 Dec 2021 08:15 WIB
ilustrasi menyusui caption

Jakarta - Kanker adalah penyebab kematian kedua di antara anak-anak di bawah usia 15 tahun dan leukemia adalah jenis kanker anak yang paling umum. Leukemia myeloid akut dan leukemia limfostik akut menyebabkan sekitar 30 persen anak menderita kanker.

Menurut penelitian, menyusui dapat membantu mengurangi risiko leukemia pada anak-anak. Hal itu diperkirakan karena efek perlindungan dari zat tertentu, seperti laktoferi dalam ASI. Karena itu, ASI berpotensi memiliki manfaat perlindungan terhadap kanker dan menyusui dapat mengurangi risiko leukemia.

Menyusui cegah leukemia

“Penelitian menunjukkan ibu yang menyusui mengalami penurunan risiko kanker payudara pra dan pasca menopause. Menyusui lebih lama dari enam bulan yang direkomendasikan dapat memberikan perlindungan tambahan,” kata Lindsey Wohlford, ahli diet kesehatan, dikutip dari MD Anderson.


Pada 1960-2014, para peneliti menyelidiki hubungan antara menyusui dan leukemia pada anak-anak. Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa menyusui selama 6 bulan atau lebih, dapat mengurangi risiko leukemia sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan menyusui dalam waktu lebih singkat atau tidak sama sekali.

Para peneliti mengatakan bahwa salah satu alasan menyusui dapat mengurangi risiko leukemia, yaitu karena ASI mengandung antibodi dan bertindak sebagai prebiotik, yang membantu menciptakan mikrobioma usus yang sehat.

ASI juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. ASI juga mengandung protein yang disebut laktoferin, yaitu protein yang membantu membunuh mikroba dan mengurangi peradangan.

Peneliti menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko Acute lymphoblastic leukemia (ALL) atau leukemia limfoblastik akut pada anak, yang merupakan jenis kanker darah.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Apakah susu formula dapat menyebabkan leukemia?

Formula tidak secara langsung menyebabkan anak-anak menderita leukemia. Namun, salah satu studi pada 2014, menunjukkan bahwa susu formula dapat meningkatkan faktor pertumbuhan, seperti insulin, yang dapat berkontribusi pada pembentukan leukemia.

Studi ini menemukan hubungan antara durasi pemberian susu formula yang lebih lama dan memulai makanan padat di usia yang lebih tua dengan peningkatan risiko leukemia limfoblastik akut.

Para peneliti mencatat bahwa bukti lebih lanjut diperlukan untuk menilai dampak potensial dari penggunaan susu formula yang lebih lama dan pengenalan makanan padat.

Lalu, apa saja manfaat dari menyusui bagi ibu dan anak? Simak di halaman selanjutnya, ya.

Simak pula video tentang tantangan yang sering dihadapi busui di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



MENYUSUI MAMPU CEGAH LEUKIMIA PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!